WAHYU BUDI ASMARA: MAHASISWI PRODI AGRIBISNIS UNITRI PIMPIN DPW IV POPMASEPI PERIODE 2020-2022

MALANG – Prestasi gemilang kembali di raih oleh salah satu mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Wahyu Budi Asmara. Mahasiswi semester 5 tersebut berhasil menjadi ketua DPW IV Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI) periode 2020-2022. Keberhasilan ini tentu sangat membanggakan mengingat Asmara dapat mewakili program studi dan UNITRI dalam organisasi besar tersebut.

Asmara bercerita, keinginannya untuk maju sebagai ketua wilayah POPMASEPI adalah untuk menaikkan almamater UNITRI di Nasional. Sebagai Perguruan Tinggi swasta, UNITRI nyatanya dapat bersaing dan memiliki kualitas yang sama dengan Perguruan Tinggi lainnya sehingga Asmara dapat berproses bertahap di POPMASEPI hingga akhirnya menjadi ketua.

“Saya punya keinginan maju sebagai ketua wilayah ialah saya ingin mengangkat nama almamater UNITRI. Meski begitu dalam proses awal, saya harus mengikuti tahap pertama dari punya sertifikat LKMM DASAR, saya mulai berproses dari mulai acara di Jember, Solo, dan lainnya. Sekali lagi semuanya butuh proses.”

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, Asmara menambahkan, dibantu senior yang membimbing dari awal hingga akhir dan dukungan seluruh pihak, Asmara diberikan kepercayaan untuk maju membawa POPMASEPI selama dua tahun ke depan.

“Alhamdulilah dapat bangga membawa nama almamater. Tanggung jawab makin banyak, mau tidak mau harus tetap profesional antara kuliah dan organisasi.”

Dalam memimpin, Asmara telah merencanakan beberapa program kerja yang akan diselenggarakan terdekat yakni UNITRI menjadi tuan rumah Musyawarah Kerja Wilayah. Kegiatan ini telah tercantum dalam AD/ART dimana setiap Perguruan Tinggi ketua terpilih wajib menjadi penyelenggara kegiatan. Selain itu berbagai agenda lain juga telah disiapkan.

“Banyak juga agenda seperti DESAMITRA, LKMM 1 Dan LKMM 2 terus kewirausahaan dimana itu nanti kegiatannya diambil dari himpunan-himpunan yang Sudah menjadi Anggota tetap DPW IV POPMASEPI yang terdiri dari wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.”

Untuk program kerja unggulan, Asmara akan memfokuskan pada penerbitan buku POPMASEPI yang berisi berbagai dokumentasi selama dua tahun kepemimpinan.

“Nah untuk proker unggulan yang difokuskan ini akan ada buku terbit. Isinya bisa tentang data alumni, Proses-proses di POPMASEPI dan mulai sejarah-sejarahnya juga.”

Selain itu, Asmara juga berusaha mencakup semua anggota di wilayah daerah maupun pusat. Saat ini, di wilayah IV sudah tercakup sekitar 17 anggota tetap. Ke depan, Ia berharap ada lebih dari 20 anggota tetap yang dapat maju di tingkat pusat. Ia berharap apa yang ditargetkan dapat terealisasi dan dapat membawa nama baik almamater UNITRI di luar kampus.

Dekan Fakultas Pertanian UNITRI, Dr. Ir. Amir Hamzah, MP mengucapkan selamat atas pencapaian Wahyu Budi Asmara sebagai Ketua DPW IV POPMASEPI. Di tengah kondisi Covid-19, ia dapat memberikan sesuatu yang luar biasa kepada himpunan dan wilayah Jawa Timur.

“Yang pertama kami ucapkan selamat kepada Asmara. Di tengah Covid-19 masih memberikan sesuatu yang luar biasa kepada himpunannya dan ini kebetulan di wilayah Jawa Timur. Yang jelas bahwa Universitas bangga masih ada mahasiswa yang peduli terhadap himpunannya sendiri.” Ungkapnya.

Sebelumnya pada tahun 2016, mahasiswa Program Studi Agroteknologi juga pernah terpilih menjadi ketua Wilayah III Jawa Timur. Kemudian tahun ini, jabatan tersebut berhasil di raih Asmara dari Program studi Agribisnis UNITRI.
Dr. Ir. Amir Hamzah, MP berharap kedepan Fakultas Pertanian UNITRI dan POPMASEPI dapat bekerjasama untuk menyelenggarakan seminar-seminar nasional dan kegiatan positif lainnya.

“Kita coba bicarakan akan diadakan kegiatan semacam seminar nasional dan kita akan memfasilitasi dan kita dukung seratus persen.”

Dengan mengemban amanah yang harus di pikul dan kepercayaan di himpunan khususnya di Wilayah III, Dr Ir Amir Hamzah, MP mengingatkan Asmara untuk dapat bijak dalam mengambil keputusan selama menjadi pemimpin ke depan nanti. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*