UNITRI LAKUKAN SOSIALISASI TEKNIS KULIAH DARING SEMESTER GANJIL 2020/2021

MALANG – Guna melakukan persiapan perkuliahan semester ganjil 2020/2021 yang akan berlangsung secara daring, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menggelar sosialisasi bagi seluruh dosen, Selasa (8/9) via zoom. Dalam sosialisasi yang diikuti oleh keseluruhan dosen yang mengampu kelas di semester ganjil 2020/2021 tersebut, tiga Unit Lembaga Internal UNITRI menjadi pembicara diantaranya Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP), Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) dan Biro Akademik (BAK).

Kepala Bagian Regitrasi dan Data Proses Belajar Mengajar Biro Akademik UNITRI, Pramono Sasongko, S.TP., M.P., M.Sc menjelaskan, materi yang disampaikan oleh Biro Akademik berkaitan dengan petunjuk teknis pra perkuliahan.

“Materinya ada Pemaparan Dasar dan Petunjuk Teknis Perkuliahan Daring, Petunjuk Teknis Pra Perkuliahan, Teknis Administrasi perkuliahan, Tutorial mengelola Google Classroom, JANITRA, ZOOM Meeting, dan Google Meet.” Ungkapnya.

Sementara materi lain yang disampaikan dalam sosialisasi berkaitan dengan petunjuk teknis pembelajaran semester ganjil 2020/2021 dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP), petunjuk teknis pembuatan akun zoom dan google classroom sebelum awal perkuliahan dari Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) dan petunjuk teknis pra perkuliahan dari Biro Akademik (BAK).

Adapun materi pembuatan akun zoom diantaranya dimulai dengan pendaftaran akun, pembuatan jadwal pertemuan atau interaksi menggunakan aplikasi Microsoft windows, cara memulai interaksi dan penggunaan zoom untuk kegiatan perkuliahan, melakukan presentasi dengan share screen pada zoom, merekam meeting atau pertemuan, hingga melakukan print screen pada Microsoft windows. Sementara untuk materi pembuatan akun di google classroom dimulai dari menyiapkan google, cara menjadi penyedia rapat/host, menerima notifikasi, memulai rapat, membuat kelas, memulai kuliah, mengupload materi, membuat tugas, kuis, melihat tugas sampai merekap nilai.

Selama kegiatan, respon peserta cukup antusias dan banyak pertanyaan serta diskusi yang terjadi pada kesempatan ini. Pramono berharap, Proses Belajar Mengajar (PBM) semester ganjil 2020/2021 yang berlangsung dengan teknis full daring ini akan dapat berjalan dengan baik dan lancar. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*