UNITRI HADIRI UNDANGAN LLDIKTI WILAYAH VII, APLIKASI PRIMA DI PERKENALKAN

MALANG – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menghadiri undangan workshop Pengisian Data Aplikasi Portofolio Mahasiswa Indonesia (PRIMA) dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  Wilayah VII, Senin (16/11) secara daring. Undangan yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Lingkup LLDIKTI Wilayah VII tersebut memperkenalkan sistem PRIMA yang dibuat dalam rangka pelaksanaan Tracer Study di tingkat Perguruan Tinggi.

Kepala Bagian Administrasi, Alumni, Bina Karir dan Kewirausahaan Biro Kemahasiswaan UNITRI, Warter Agustim, S.E., M.M yang bertugas mewakili sosialisasi menjelaskan, program PRIMA merupakan program yang dilakukan dan dibuat oleh Kemendikbud yang berfungsi sebagai Portofolio bagi mahasiswa maupun alumni.

“Sosialisasi tadi menjelaskan bahwa PRIMA merupakan program yang dilakukan dan dibuat oleh Kemendikbud untuk bisa membuat semacam akun bagi mahasiswa dan juga alumni. Akun ini bersifat progressif dan  dapat dikatakan semacam CV yang bersifat online yang sudah dibuat templatenya oleh pemerintah yang isinya bermacam-macam dan dilihat dari potensi dari mahasiswa itu sendiri. Baik itu kemampuan, kompetensi, pengalaman kerja, pengalaman organisasi.”

Singkatnya, bila selama ini, mahasiswa dan alumni perlu membuat curriculum vitae (CV) secara manual dan menyiapkan template sendiri, saat ini aplikasi PRIMA dapat membantu mahasiswa dan alumni untuk lebih menyiapkan diri dalam menulis CV untuk dipergunakan dalam mencari pekerjaan atau studi lanjut. Terlebih, aplikasi PRIMA direncanakan akan terhubung dengan beberapa sistem pemerintah dan Dispendukcapil sehingga nanti dapat menjadi rujukan pemerintah maupun non pemerintah untuk melihat potensi orang tersebut.

“Salah satu pembicara tadi mengatakan bahwa akun PRIMA ini akan dipakai dalam database dari BKD (Badan Kepegawaian Daerah) baik tingkat nasional dan daerah. Sistem ini juga akan disosialisasikan ke lembaga atau institusi pemerintah atau swasta. Jadi swasta juga akan melihat profil swasta atau pelamar dalam akun prima yang telah diisi.” Imbuhnya kepada Humas.

Mengingat aplikasi PRIMA disiapkan secara online, sistem juga akan terhubungan dengan sistem alumni atau tracer study. Mengingat pentingnya aplikasi ini, mahasiswa dan alumni wajib mengisi di aplikasi PRIMA dan melakukan update data secara terus menerus secara mandiri.

Untuk selanjutnya, LLDIKTI memohon kepada seluruh kampus untuk segera melakukan sosialisasi dengan internal masing-masing.

“Biro kemahasiswaan perlu Kerjasama dengan tracer study kemudian juga perlu adanya kesiapan dari kampus untuk menyiapkan ini semua.”

Adapun perwakilan UNITRI yang hadir dalam undangan diantaranya Wakil Rektor III Dr. Totok Sasongko, MM; Kepala Biro Kemahasiswaan UNITRI Dr. Agung Suprojo, S.Kom, MAP, Perwakilan Kepala Program Studi Manajemen Rizki Aprilia Dwi Susanti, SE., MM, Perwakilan Lembaga Pengkajian & Pengembangan Pendidikan (LPPP) Irawan Setyobudi, ST., MT, Perwakilan Biro Akademik (BAK) Anthonius Marojahan LT., A.Md, dan salah satu mahasiswa bernama debi. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*