Tingkatkan Pengetahuan, Mahasiswa TIP Kunjungi Industri Skala Nasional dan Internasional

Guna meningkatkan pengetahuan dan kapasitas mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (TIP)  tentang Agroindustri, maka pada bulan Desember 2017 Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, mengadakan serangkaian kunjungan industri. Kunjungan industri tersebut dilakukan dalam dua tahap bekerjasama dengan industri-industri berskala nasional dan multinasional diantaranya PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), PT. Glora Djaja (Wismilak Inti Makmur Tbk.),  PT. H.M Sampoerna, dan Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau (BPSMB-LT) Surabaya.

Kunjungan pertama dilakukan pada tanggal 5 Desember 2017 diikuti oleh sebanyak 110 peserta dan panitia diklat HIMATIP, dan didampingi beberapa dosen antara lain Dr.Ir. KGS Ahmadi, MP., Dr. Sri Handayani, S.Pi., MP, Farida Kusuma Astuti, S.Pt., MP., Rozana, S.TP., M.Si., dan Pramono Sasongko, STP., MP., M.Sc . Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa TIP Unitri mengunjungi lokasi produksi dan belajar dengan melihat langsung proses produksi produk Beverage PT. Tirta Fresindo Jaya seperti Teh Pucuk Harum, air kemasan merk Le Minerale, Kopiko 78oC, dan Kopikap. Hal ini menjadi inspirasi dan pengetahuan tambahan bagi para mahasiswa.

“Inovasi-inovasi produk industri pangan yang dikembangkan PT Tirta Fresindo Jaya bagus buat inspirasi kami,” ujar Mega, salah satu mahasiswa asal Papua. Ia berharap setelah lulus ada beberapa inovasi yang bisa dikembangkan di daerahnya.

Sementara itu, Dr. Ir. KGS. Ahmadi mewakili Program Studi Teknologi Industri Pertanian mengatakan kegiatan kunjungan industri memberikan manfaat bagi mahasiswa. “Kunjungan industri ini akan memberikan gambaran kepada para mahasiswa tentang apa saja ilmu yang harus mereka pelajari ketika akan memasuki industri olahan pangan,” paparnya.

Selang satu minggu kemudian,  sebanyak  20 mahasiswa yang tergabung dalam Mata Kuliah Agroindustri Tembakau melakukan kunjungan industri (13/12) untuk dapat lebih memahami tentang  Agroindustri Tembakau dari hulu sampai hilir. Diharapkan pada kunjungan tersebut, mahasiswa dapat memahami lebih bagaimana tembakau yang merupakan salah satu komoditas andalan Indonesia dikelola menjadi produk dan disertifikasi oleh lembaga yang berwenang. Untuk mempelajari sistem produksi dan bagaimana perusahaan rokok menjalankan prosesnya, maka PT. Glora Djaja sebagai Anak perusahaan dari Wismilak Inti Makmur Tbk dan Hous Of Sampoerna menjadi pilihan kunjungan.

Pada kunjungan tersebut mahasiswa dapat  berdiskusi langsung dengan para pimpinan perusahaan seperti Factory Manager, Primary Manager, dan QA Manager sehingga dalam diskusi yang dilakukan mahasiswa mendapatkan suatu informasi yang sangat lengkap. Selain itu mahasiswa mendapat kesempatan melihat langsung proses produksi rokok Sigaret Kretek Machine, Sigaret Kretek Tangan, dan Cerutu dari PT Glora Djaja. Kunjungan ini diinisiasi oleh dosen pengampu mata kuliah Agroindustri Tembakau Prof.Dr. Ir  Samsuri Tirtosastro sedangkan pada saat kunjungan mahasiswa di damping oleh Pramono Sasongko, STP., MP., M.Sc. dan Rozana, STP., M.Si. (Pr/Hum)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*