TINGKATKAN LITERASI DAERAH KABUPATEN, DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNITRI BUAT POJOK DIGITAL

Guna meningkatkan kemampuan literasi siswa di Kabupaten Malang dalam membaca, menganalisis, berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, dosen fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (FIP UNITRI) berinisiatif membuat pojok digital. Kegiatan ini diadakan di SD Negeri 2 Pujiharjo, Tirtoyudho, Kabupaten Malang, Kamis (2/5).

Ketua tim kegiatan yang merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Unitri, Hasminar Rachman Fidiastuti, S. Si., S. Pd., M. Pd menjelaskan, pojok digital merupakan wadah untuk memperkenalkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil didanai oleh DRPM-Ristekditi.

“Tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan pojok digital adalah untuk membantu sekolah mitra, meningkatkan motivasi dalam pembelajaran, serta memperkenalkan bentuk literasi baru kepada siswa.” Ujarnya.

Adapun bantuan yang dilakukan dalam kegiatan pojok digital bersifat operasional yakni menyediakan gadget (PC serta tablet) yang bisa digunakan siswa dalam proses pembelajaran. Penyerahan gadget dan peresmian pojok digital dilakukan pada hari ini dan akan dilanjutkan dengan pendampingan sampai bulan Juli 2019 diantaranya penyusunan SOP, pemanfaatan dalam mengoptimalkan pembelajaran, serta rangkaian kegiatan edukatif lainnya.

Kehadiran pojok digital diharapkan dapat mencetak siswa dalam mengetahui kemampuan dasar dan kemampuan teknis untuk menjalankan komputer, melakukan browsing di internet, serta mengakses media yang memudahkan proses pembelajaran.

“Belajar dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan, akan membuat siswa berkesan sehingga menyimpan pengalaman berharganya dengan baik. Dan sudah tugas kami, sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, untuk mendesain pembelajaran yang semacam ini. Agar ke depannya, siswa memiliki keterampilan dasar dalam penggunaan teknologi secara bijak”, pungkas ketua abdimas.

Program pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan rutin Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Fakultas Ilmu Pendidikan baru beroperasi pada tahun 2016, dengan Pendidikan Biologi sebagai program studi pertama. Pada tahun 2018, diikuti dengan ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan perogram studi Pendidikan Matematika. Walaupun masih terhitung baru, namun telah memiliki mahasiswa berjumlah 208 orang. Disampaikan lebih lanjut, oleh ketua abdimas agar lembaga dapat menjalin lebih banyak kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di wilayah kabupaten Malang.

Selama proses penyerahan gadget dan pembuatan pojok digital, turut hadir pula anggota tim dosen lainnya seperti Hanif Fikri Bariska, S. Pd., M. Pd (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan Chandra Adi Prabowo, S. Pd., M. Pd (Program Studi Pendidikan Biologi). (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*