TIM INOVATOR UNITRI MASUK 10 BESAR LOMBA INOTEK BIDANG ENERGI 2019


Tim inovator Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) yang terdiri dari Ir Taufik Iskandar, MAP (ketua), SP Abrina Anggraini, SP., MP (anggota) dan Lorine Tantalu, S.Pi M.Sc., MP (anggota) masuk dalam Inovasi Teknologi (INOTEK) tingkat Jawa Timur bidang energi 2019. Adapun inovasi yang dicetuskan yakni ‘inovasi Teknologi Pengolahan Limbah Pasar Blimbing Melalui Proses Gasifikasi Berbasis Green Energy Menuju Malang Nyaman’.

Ketua tim inovasi Unitri, Ir Taufik Iskandar, MAP mengatakan, ide awal pembuatan inovasi berasal dari keinginan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman yang bebas dari limbah. Selain itu, inovasi ini akan mengubah limbah di pasar blimbing yang rata-rata terdiri dari sayuran, hasil samping ternak, maupun anorganik kedalam energi pembangkit listrik. Sasaran yang ingin dicapai yakni pembeli, penjual, dan masyarakat sekitar pasar blimbing.

“Selain itu, tujuan inovasi yakni memperbaiki kualitas lingkungan khususnya menuju kota Malang Nyaman, membuka akses dan menyediakan listrik berkualitas baik baik masyarakat sekitar pada umumnya dan para pedagang pasar pada khususnya hingga menghasilkan energi alternatif sehingga akan mengurangi dampak penggunaan bahan bakar fosil.”

Sementara itu, anggota tim peneliti, SP Abrina Anggraini, SP., MP menyampaikan rasa bangga dan syukur dapat mewakili Unitri untuk dapat masuk 10 besar lomba se Jawa Timur tersebut. Rina berharap, teknologi yang dibuat dapat langsung diterapkan di masyarakat dan menjadi solusi dari program pemerintah untuk kenyamanan lingkungan dan di kesehatan masyarakat sekitar.

“Tentunya sangat bangga dan bersyukur karena UNITRI bisa masuk di perwakilan Jawa Timur. Mohon doa restu supaya bisa lolos dalam penganugerahan di tingkat Nasional.”

Seperti diketahui, Lomba Inobasi Teknologi (INOTEK) merupakan lomba yang diselenggarakan pemerintah Jawa Timur yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat baik instansi, perguruan tinggi, dan masyarakat umum. Inotek terdiri dari lima kategori bidang diantaranya bidang Agribisnis, Bidang Energi, TIK, Lingkungan, dan kesehatan. Masing-masing kategori dipilih 10 pemenang.

Rina menambahkan, setelah ini, tim Unitri akan bersiap melakukan Forum Grup Diskusi (FGD) dan presentasi produk pada 18 Juli 2019 di Ruang sidang Balaikota Malang. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*