TARGETKAN PENINGKATAN SDM DOSEN, LPPP UNITRI GELAR SOSIALISASI PO/PAK DAN WORKSHOP

MALANG – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Dosen sekaligus dalam rangka Penilaian Angka Kredit Dosen, Lembaga Pengkajian dan Pengembangan, Pendidikan (LPPP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menggelar kegiatan Sosialisasi Petunjuk Operasi (PO)/Penilaian Angka Kredit (PAK) dan Workshop Penilaian Angka Kredit Dosen, Rabu (19/2). Bertempat di Ruang B.23 dan Ruang Sidang Lantai 2 tersebut, acara ini menghadirkan tim PAK LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof Dr Ir Achmadi Susilo, MS.

Wakil Rektor I Unitri, Dr Widowati berharap melalui acara ini, dosen dapat mempersiapkan diri untuk meningkatkan jabatan usulan secara lebih cepat. Selain itu, Beliau juga mengingatkan bahwa pendidik diharapkan mampu berkarya hingga jenjang tertinggi.

“Harapannya setelah adanya sosialisasi PO langsung oleh tim PAK yang berpengalaman, pastinya adalah semangat teman-teman untuk mempersiapkan diri terkait kenaikan jabatan usulan itu bisa dipercepat. Yang kedua bahwa dosen harus berkarya sampai jenjang tertinggi, karna hal itu sesuai dengan amanah UU guru dan Dosen sebagai pendidik yang professional dan ilmuwan.” Ujarnya.

Widowati juga mengingatkan hasil dari luaran publikasi dosen diharapkan mampu meningkatkan kinerja Universitas menjadi lebih baik.

Sementara Pemateri acara dari tim PAK LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir Achmadi Susilo, MS menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut sangat penting diikuti agar dosen mampu mengenal regulasi jabatan akademik dosen dan PO/PAK.

“Pembahasan hari ini adalah sosialisasi regulasi akademik dosen sesuai dengan PO/PAK 2016 yang berbicara mengenai persyaratan-persyaratan untuk naik jabatan akademik hingga persyaratan karya ilmiah. Hal ini perlu disosialisasikan kepada dosen karena ada perubahan dari tahun 2014 ke 2019.” Ujarnya.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa dosen-dosen di UNITRI sangat antusias dengan sosialisasi tersebut. Beliau juga berharap setelah sosialisasi tersebut para dosen paham dan mempersiapkan diri untuk memenuhi aturan terkait kenaikan jabatan akademik.

Seperti diketahui, Unitri menargetkan maksimal tiga tahun kedepan, 50% dari Sumber Daya Manusia (SDM) dosen di UNITRI sudah memiliki jabatan akademik ke Lektor Kepala. Sementara Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh sebanyak 121 Dosen tersebut berlangsung dari tanggal 19-20 Februari 2020 dan akan dihadiri oleh Kepala LLDikti 7 Wilayah Jawa Timur. (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*