SIAPKAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL, UNITRI GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN MODUL UNTUK PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING

Malang- Guna meningkatkan kompetensi dosen dalam menyusun dan mengembangkan bahan ajar dari hasil penelitian serta menyiapkan bahan ajar berbasis digital, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan webinar bertemakan ‘Workshop Penyusunan Modul Untuk Pengembangan Pembelajaran E-Learning’ di Ruang Sidang Lantai 2 UNITRI, Rabu (05/8).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Sistem Informasi, dan Inovasi, Dr. Ir. Widowati, MP menjelaskan Adapun tujuan webinar adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran menggunakan modul dan video praktis. Bila hal ini dapat terlaksana, Ia berharap dosen maupun mahasiswa dapat lebih mudah melakukan proses belajar mengajar dan dapat menghasilkan modul pembelajaran daring yang berkualitas.

“Jadi salah satu tujuan webinar kita saat ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran melalui modul dan video praktis pembelajaran, yang tentunya nanti akan memudahkan mahasiswa dalam belajar sehingga apa yang diharapkan pada setiap mata kuliah dapat tercapai dan dosen yang diminta untuk menghasilkan modul pembelajaran daring pun dapat terwujud” ungkapnya.

Dengan menghadirkan 2 pemateri yakni Dr. Dedi Kuswandi, S.Pd. M.Pd yang membahas terkait ‘Modul digital dosen berbasis hasil penelitian’ dan Dr. Citra Kurniawan, ST., M.M yang ditunjuk memaparkan tema ‘cara praktis membuat video pembelajaran’, webinar berlangsung melalui zoom meeting.

Pemateri pertama webinar, Dr. Dedi Kuswandi, S.Pd. M.Pd menjelaskan dalam materinya bahwa tren untuk mengembangkan pembelajaran e-learning saat ini sudah menjadi keharusan. Sementara untuk fungsi dari modul sebagai bahan ajar meliputi fasilitas siswa dalam pembelajaran, membantu memperluas pengetahuan siswa, menggambarkan konsep yang lebih detail, meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan partisipasi siswa, dan membantu mengatasi keterbatasan ruang kelas.

“Modul harus sederhana, atraktif, dan mandiri. Dengan memperhatikan unsur keterbaruan dari hasil penelitian maka kita dapat mengetahui keunggulan dari materi kita dan memasukkannya ke modul. Sedangkan modul juga bisa berisi tahapan penelitian yang inputnya dapat disampaikan dalam modul, cara dalam menempuh penelitian, memunculkan topi, hingga bisa dibuat hal lain.”

Menambahi hal tersebut, pemateri kedua Dr. Citra Kurniawan, ST., M.M menjelaskan karakteristik modul ceta yang berbeda dengan e-modul dan bagaimana cara membuat video pembelajaran. Adapun tujuan dari video pembelajaran adalah untuk memperjelas penyampaian pesan, dan tidak terlalu verbalistic.

Seperti diketahui, kegiatan webinar akan dibagi ke dalam dua kali kegiatan. Pelaksanaan kegiatan pertama berlangsung saat ini dengan diikuti sebagai 78 peserta dari 111 dosen yang mendaftar. Sementara lanjutan kegiatan akan direncanakan digelar pada Selasa (11/08) nanti dengan teknis kegiatan kedua akan dilakukan secara langsung di ruangan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP) UNITRI dengan sebelumnya menyeleksi kelompok yang telah ada sambil tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain kegiatan webinar, UNITRI saat ini tengah menyiapkan sosialisasi untuk pembelajaran daring di UNITRI selama beberapa minggu ke depan. Persiapan tersebut termasuk membuat sistem bernama Janitra.ac.id yang berhasil dikembangkan menjadi salah satu media pembelajaran e-learning disamping google classroom. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*