RENCANAKAN PEMBANGUNAN SAINSTEKNOPARK DAN AGROTEKNOPARK, UNITRI LAKUKAN SOSIALISASI INTERNAL

Malang – Dalam rangka memvisualisasikan apa yang akan direncanakan dan di cita-citakan oleh Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) dalam pengembangan laboratorium maupun sekolah lapang tanah dan air, Selasa (26/01), berlangsung kegiatan Sosialisasi Agroteknopark dan Sainsteknopark di ruang sidang Rektorat Lantai 2 UNITRI. Kegiatan ini diperuntukkan bagi internal sivitas akademika UNITRI dan dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Patria Nusantara (YBPN) UNITRI, Ketua Dewan Pengurus YBPN, Rektor UNITRI, Wakil Rektor I, II, III, Dekan, hingga Kepala Program Studi UNITRI.

Dipimpin langsung oleh Rektor UNITRI, Prof, Dr.Ir. Eko Handayanto, M.Sc, acara tersebut langsung menjelaskan terkait rencana UNITRI dalam mengembangkan lahan pertanian yang dimiliki di wilayah Wagir untuk dijadikan laboratorium Lapang bertajuk Sainsteknopark dan Agroteknopark.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Pengurus YBPN, Prof.Dr.Ir.Wani Hadi Utomo, kepada hadirin melalui zoom.

“Sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita kita Bersama untuk membangun dan mengembangkan teknologi, kita akan tambahkan lab baru dan beberapa sarana prasarana yang disesuaikan dengan konsep baru di Sainsteknopark dan Agroteknopark ini.”

Sebagai gambaran, Prof.Dr.Ir.Wani Hadi Utomo menambahkan, planning awal yang direncanakan dalam agroteknopark akan dikembangkan dengan menambah beberapa fasilitas sarana prasarana yang akan dibangun dengan lahan sawah yang disediakan untuk sarana belajar pertanian. Agroteknopark juga direncanakan akan dilengkapi dengan fasilitas tempat parker, UPT kultur jaringan, laboratorium terpadu, hingga wisata untuk generasi muda yang instagramable.

“Kami memang merencanakan Agroteknopark untuk laboratorium sekaligus tempat wisata yang nyaman bagi wisatawan. Nanti juga akan disediakan beberapa Kawasan peternakan, pengolahan hasil pertanian seperti kopi dan coklat, hingga hasil peternakan sapi perah.”

Sedangkan, berbicara terkait Sainsteknopark, laboratorium ini juga akan direncanakan sebagai pusat pengembangan ilmu teknologi mahasiswa UNITRI. Selain laboratorium kultur jaringan, laboratorium rekayasa dan lab mikrobiologi industri juga akan disiapkan. Sainsteknopark juga akan lebih beragam dengan adanya lab agronomi hingga lab energi terbarukan seperti biochar.

“Untuk Sainsteknopark, laboratorium yang merupakan salah satu ikon dari UNITRI yakni lab kultur jaringan akan berada disana. Kemudian kami juga menyiapkan laboratorium bioenergy masa depan yakni lab mobil listrik dengan harapan dapat mengembangkan teknologi dari jurusan Teknik kimia. Juga lab biochar yang juga perlu dikembangkan.”

Dalam sosialisasi ini, seluruh set plan juga dipaparkan. Sejauh ini, tim masih terus membangun dan mengembangkan serta mempersiapkan keperluan realisasi Sainsteknopark dan Agroteknopark yang direncanakan akan selesai pada tahun depan. Selain itu, kegiatan lanjutan dari sosialisasi adalah peletakan batu pertama yang direncanakan akan dilakukan pada Selasa (2/2) langsung di lokasi. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*