REBUTKAN DANA HIBAH DALAM ACARA PRESENTASI DAN EVALUASI PROGRAM KKN -XXX

Sejumlah 15 Kelompok KKN UNITRI mengikuti kegiatan Presentasi dan Evaluasi di Ruang C.11 Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Kamis (15/02).  Acara tersebut juga bertujuan untuk mencari pemenang Hibah Program Kecamatan dan Hibah Desa, termasuk mencari tahu perkembangan kinerja mahasiswa di daerah Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dalam kegiatan tersebut, seluruh kelompok akan mempresentasikan satu program unggulan yang dilaksanakan di wilayah KKN. Adapun tema program adalah bebas, tetapi didalamnya mengandung berbagai variabel seperti penuturan masalah, tujuan dan manfaat, kerangka (berfikir) pelaksanaan kegiatan, rencana evaluasi dan monitoring, kelayakan,, performa tim, hingga rincian anggaran. Sementara itu, presentasi dinilai oleh tim evaluator seperti Dr. Ir. Eko Marhaeniyanto, M.P, Dr.Cakti Indra Gunawan., S.E., M.M, Suhudi, S.T., M.T, dan Dr. Ir. Kgs Ahmadi, MP.

Seluruh kelompok dari masing-masing tim nampak mempersiapkan seluruh materi agar dapat memenangkan presentasi. Seperti misalnya Kelompok 15 asal Desa Pujiharjo yang membawa tema Desa Wisata Sambang-sedulur, hingga kelompok 8 yang mempresentasikan tema Wisata Air Rafting di daerahnya.

Ketua LPPM Dr. Ir Eko Marhaeniyanto, MP mengaku senang melihat perkembangan seluruh kelompok dalam mempersiapkan seluruh presentasinya. Mayoritas tim tidak hanya menganggap program buatannya hanyalah wacana, melainkan dapat dilanjutkan ke depan. “Hampir semua kelompok bisa mengatakan bahwa program mereka dapat berlanjut setelah mereka selesai mengabdi dan tidak hanya berwacana dalam program yang dilaksanakan di daerahnya masing-masing. Untuk itulah, Kemenangan tidaklah penting, melainkan bagaimana ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dalam diimplementasikan ke daerah masing-masing.”

Seperti diketahui, dalam presentasi hibah dan Evaluasi, pemenang Hibah Program akan mendapatkan dana hibah program senilai Rp 1.000.000 (juara I), Rp 750.000 (Juara II), dan Rp 500.000 (Juara III dan IV). Selain itu, dalam  acara tersebut,  seluruh kelompok KKN juga dibekali dana program sejumlah Rp. 1.000.000 dari Universitas untuk keberlangsungan program KKN di masing-masing wilayah.

(Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*