Prof. Dr. Ir. Widowati, MP, Guru Besar Pertama UNITRI bidang Ilmu Tanah

MALANG – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menghasilkan Profesor pertama sejak berdiri sebagai Perguruan Tinggi pada tahun 2001. Berdasarkan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Kemdikbud nomor 767/E4/KP/GB/2020, Prof. Dr. Ir. Widowati, MP meraih nilai 855,40 dan di angkat dalam jabatan Guru Besar atau Profesor bidang Ilmu Tanah terhitung mulai 1 Januari 2021.

Prof. Dr. Ir. Widowati, MP yang lahir di Manokwari 55 tahun silam memiliki seorang suami dan 2 orang anak ini,  mengabdi sebagai dosen UNITRI (dh. Sekolah Tinggi Pertanian Tribhuwana) sejak tahun 1991. Lulus dari program doktor Universitas Brawijaya (UB) tahun 2011, Widowati menggeluti bidang biochar yaitu arang organik dari bahan biomassa yang diproduksi dengan metode pirolisis untuk meningkatkan kesuburan tanah. Widowati yang menjabat Wakil Rektor I ini, mendapatkan beberapa hibah penelitian dari Dikti, Indofood Riset Nugraha, dan Gudang Garam. Selain itu, beliau adalah penulis di beberapa jurnal internasional terindeks scopus dan jurnal nasional terakreditasi.

Kesibukan Widowati selain mengajar, juga menjadi pemakalah seminar, nara sumber, dan penulis buku. Beliau telah menghasilkan 3 paten, beberapa prosiding seminar nasional dan internasional. mantan Dekan FP ini juga menjadi Tim Penilai Angka Kredit (PAK) LLDIKTI Wilayah VII dan sebagai Sekretaris Asosiasi Biochar Indonesia (ABI).

Selain menghasilkan karya akademik, Widowati aktif menjalankan pengabdian masyarakat di berbagai daerah tentang pemanfaatan biochar untuk pertanian. Beliau juga aktif membina anak-anak sekolah minggu, dan berbagai pengabdian masyarakat lainnya. Penghargaan Presiden yang pernah diperoleh Widowati adalah Karya Satya Lencana 20 tahun.   (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*