Prodi Peternakan Tingkatkan Antusiasme Belajar melalui Kuliah Tamu

Program Studi Peternakan Unitri menggelar kuliah tamu untuk mahasiswa fakultas pertanian (28/12). Kegiatan yang digelar di GOR Unitri mengambil tema “Peningkatan Nilai Tambah Pertanian Terpadu melalui Pengembangan Ecoedutourism”. Dalam kegiatan tersebut, Program Studi Peternakan mengundang Dr. Bambang Suwignyo, S.Pt, MP, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama yang berkantor di Fakultas Peternakan, UGM.

Ditemui tim humas Unitri, Nonok Supartini, S.Pt, MP memberi tanggapan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi wawasan dan referensi kurikulum dalam pengembangan mata kuliah Sistem Pertanian Terpadu merupakan mata kuliah wajib Fakultas Pertanian tersebut.

“Selama ini materi bersifat teoritis, setidaknya melalui ini (kuliah tamu) memberi wawasan baru bahwa pertanian tidak melulu soal bertani atau beternak,” Ungkap Nonok. Menurutnya, komoditas pertanian saat ini juga bisa dikombinasikan dengan sektor pariwisata yang menguntungkan.

Dr. Ir. Amir Hamzah, MP, Dekan Fakultas Pertanian Unitri juga turut berkomentar mengenai kegiatan tersebut. Menurut beliau, kegiatan tersebut sangat menarik perhatian mahasiswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan antusiasme dan banyaknya mahasiswa yang hadir. Amir memiliki harapan besar kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Unitri yang sebagian besar berdomisili di daerah dengan lahan yang masih luas.

“Mereka (mahasiswa pertanian) yang berdomisili di Kalimantan, Papua, NTT dapat mengembangkan sistem pertanian di daerahnya yang masih memiliki lahan yang luas,” Jelas Dekan Fakultas Pertanian itu. Amir mendorong mahasiswa agar memiliki kemauan yang kuat untuk membangun daerahnya dengan kemampuan yang telah terasah saat di bangku perkuliahan.

Saat ini, Fakultas Pertanian Unitri terus mengembangkan sebuah sistem edukasi yang dapat mengasah skill mahasiswa di bidang ilmu pertanian. Sehingga pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi yang bergerak di bidangnya, diantaranya : TPST 3R (Tempat Pengolahan Sampah) di Mulyo Agung dan CV. Milkindo Berkah Abadi. (Tim Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*