PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNITRI BERHASIL GELAR OLIMPIADE MATEMATIKA SE-JAWA TIMUR

Pasca terselenggaranya kuliah tamu pembinaan olimpiade beberapa bulan lalu, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang berhasil menggelar Olimpade Matematika Se-Jawa Timur, Minggu (14/04). Olimpiade tersebut mempertandingkan total 90 peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah seperti Kediri, Pasuruan, Surabaya, Malang kota dan Kabupaten, hingga kota-kota besar lainnya di Jawa Timur.

Kepala Program Studi Matematika, Nathasa pramudita Irianti, S.Pd., M.Pd menerangkan, pihaknya mengaku cukup terkejut melihat antusias peserta yang begitu besar. Sebagai Prodi yang baru pertama menyelenggarakan event olimpiade besar, prodi matematika Unitri tetap berharap dapat melangsungkan olimpiade matematika ini setiap tahun.

“Melihat antusias dari banyak peserta, kami optimis akan menyelenggarakan olimpiade ini setiap tahun. Kedepan, ini akan menjadi program kerja tahunan kami untuk memperkenalkan prodi pendidikan matematika Unitri ke luar.” Tegasnya kepada Humas.

Pernyataan tersebut juga di dukung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unitri, Dr M Rifa’i, SE., MM yang juga berharap agenda ini akan menjadi agenda tahunan di program studi pendidikan matematika. Menurutnya, melalui agenda ini, ia berharap dapat memperkenalkan dan mempromosikan Unitri pada umumnya dan Fakultas Ilmu Pendidikan pada khususnya kepada masyarakat luas. Selain itu, Fakultas Ilmu Pendidikan juga akan konsen mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang akadmisi yang lebih berprestasi terutama dalam olimpiade matematika semacam ini.

Seperti diketahui, 90 peserta olimpiade matematika berasal dari 24 Sekolah Dasar, 36 Sekolah Menengah Pertama, dan 32 Sekolah Menengah Atas. Seluruh peserta akan mengikuti dua tahap penyisihan, hingga diambil sepuluh peserta terbaik dari setiap tahap untuk masuk ke babak final. Sementara itu, pemenang akan diambil tiga terbaik dan berhak mendapatkan hadiah piala, sertifikat juara, uang pembinaan, dan beasiswa Unitri bagi peserta tingkat SMA.

Berdasarkan penjurian yang dilakukan oleh pembina olimpiade Nasional, Salman Sakib dan Muhammad Faisal Ali, ketiga pemenang tingkat Sekolah Dasar yang berhasil menjadi juara 1 yakni Diva Musamma Salsabila Fauza (SD Muhammadiyah 08 Dau), Juara 2 yakni Rozan Laudzai (SD Insan Amanah) dan Juara 3 yakni Azel Syahla Theophania (SD Muhammadiyah 08 Dau). Sementara untuk kategori tingkat SMP dimenangkan oleh Muhammad Adi Brata T. N. S. (MTSN 2 Kota Kediri) sebagai juara 1, Muhammad Daffa (SMPN 1 Kediri) sebagai juara 2, dan Aloisius Adrian Stevan G. (SMPK Kolese Santo Yusuf 2) sebagai juara 3. Di tingkat SMA, ketiga pemenang yang berhasil menjadi juara yakni Abdillah Fatwa Shandy M. (MAN 2 Kota Malang) sebagai juara 1, Anargya Adyatma Satria Pinandita (SMAN9 Malang) sebagai juara 2, dan Zalfa Rona Warsono (SMAN9 Malang) sebagai juara 3. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*