PRODI BIOLOGI UNITRI LOLOS PENDANAAN PJJ KEMENDIKBUD, MATERI PEMBELAJARAN MULAI DIPERSIAPKAN

MALANG – Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berhasil menjadi salah satu pemenang bantuan Dana Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbudikti). Dari 101 proposal yang diumumkan, Program Studi Pendidikan Biologi berhasil lolos pendanaan hibah penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh tahun 2021 untuk program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Program Studi Pendidikan Biologi, Hasminar Rachman Fidiastuti, S.Si.,S.Pd, M.Pd

“Hibah PJJ merupakan satu rangkaian kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. hibah ini memfasilitasi Perguruan Tinggi untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dlm proses pembelajaran agar jangkauannya dpt diambil di PS lain di luar PS atau di luar PT”, ungkapnya.

Melalui hibah PJJ ini, ia beserta tim akan berupaya memfokuskan diri dalam pembuatan konten serta materi ajar yang akan diberikan kepada PT mitra. Dalam hal ini, terdapat 4 mata kuliah penciri PS yang akan disajikan diantaranya mata kuliah Bioremediasi; Pembelajaran Berbasis IT; Etnobotani; serta PTK dan Lesson Study. Dana hibah yang didapatkan akan digunakan untuk proses produksi media pembelajaran seperti materi bahan ajar, video pembelajaran dan membuat dokumen penting implementasi PJJ termasuk penyelerasan sistem administrasi akademik. Kerjasama dilakukan dgn PT mitra, termasuk konversi Satuan Kredit Semester (SKS) untuk mendukung perolehan kredit transfer.

“Bagi kami, ini adalah sebuah kesempatan untuk mengembangkan sebuah sistem serta program pembelajaran yg kolaboratif dan partisipatif untuk peningkatan kualitas pembelajaran daring”, ungkapnya.

Sementara itu untuk konsep pembelajarannya sendiri memakai sistem hybrid/blended learning, yg akan disesuaikan dengan kondisi saat ini. Sehingga dengan adanya hibah program PJJ menjadi harapan untuk mendongkrak prestasi prodi yg masih terbilang baru serta menjadi langkah besar untuk menjalin hubungan dengan pihak lain di luar UNITRI, khusunya PT mitra. Mitra adalah Universitas Nusa Nipa yg tergolong kategori 3T. Materi dlm MK penciri ps ini harapannya bisa di akses di luar Universitas, tidak hanya di Universitas Nusa NIPA tetapi juga bisa digunakan di PT lain yg membutuhkan.

Seperti diketahui, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dalam hibah tersebut menggandeng Universitas Nusa Nipa (UNIPA) dari Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai Mitra kegiatan. Dikarenakan kampus tersebut termasuk salah satu kategori wilayah 3T. pelaksanaan kegiatan PJJ akan dimulai akhir Juni sampai 6 bulan kedepan dengan agenda 15 kali pertemuan dgn 4 mata kuliah unggulan (HUMAS).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*