PRODI AGRIBISNIS UNITRI RAIH PEMBIAYAAN PROGRAM CoE KEMENDIKBUD

MALANG – Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang berhasil mendapatkan pembiayaan dari pengusulan proposal Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center Of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbud RI). Berdasarkan surat nomor 1418/E2/DM.00.01/2021 yang dikeluarkan pada 5 April 2021, program studi Agribisnis UNITRI berhasil menjadi program studi penerima Bantuan Skema I bersama 32 Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia.

Kepala Program Studi Agribisnis UNITRI, Ninin Khoirunisa, SP., MP mengungkapkan rasa syukur dan haru atas bantuan proposal program yang diterima oleh Program Studi Agribisnis UNITRI. Sesuai dengan tujuan dari program yang ingin mendorong percepatan implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan RI, seluruh Perguruan Tinggi baik Negeri maupun swasta terus berupaya menerapkan kurikulum baru dalam bentuk program inovasi. Hal ini diwujudkan Program studi Agribisnis UNITRI melalui proposalnya yang berjudul ‘Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0’.

“Dengan adanya slot bantuan ini, diharapkan benar-benar bisa membantu Prodi Agribisnis khususnya dan UNITRI umumnya untuk mengaplikasikan program MBKM ini karena di dalam proposal kami.”

Untuk itu, Program studi Agribisnis telah menargetkan untuk melaksanakan capaian SPMI Universitas, peraturan akademik Universitas, kurikulum hingga RPS MBKM yang harus disiapkan Prodi. Terlebih dalam program Bantuan Kemendikbud ini, program studi diharapkan mampu membangun desa melalui program MBKM dan memberdayakan masyarakat. Karenanya, Program Studi Agribisnis akan berfokus pada kekhasan UNITRI sebagai kampus kerakyatan yang mendorong mahasiswa menjadi wirausaha muda dalam implementasi mata kuliah kewirausahaan.

“Kita ada mata kuliah kewirausahaan dan mata kuliah manajemen usaha bisnis kecil yang nantinya akan mencetak alumni sebagai pekerja yang memiliki jiwa-jiwa entrepreneurship. Mahasiswa dapat membuat peluang kerja, berhubungan dengan dunia industri, membangun desa, dan pasti akan memberdayakan masyarakat disekitarnya.” Lanjutnya.

Seperti diketahui, program bantuan Program Studi Menjadi Model Center Of Excellences (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini cukup cepat dalam pelaksanaannya. Setelah diumumkan pada maret 2021, pendanaan program akan berjalan pada April 2021. Pada pertengahan September dan November, tim program studi juga harus siap memberikan laporan kemajuan dan laporan akhir terkait program yang diajukan. Karenanya, rencana kedepan yang akan dilakukan program studi Agribisnis adalah melakukan perencanaan perancangan kurikulum di Semester Ganjil 2021/2022 dan mengimplementasikan kegiatan tersebut segera. Sejauh ini, tim penyusun proposal Program Studi Agribisnis Unitri diantaranya Dr Eri Yusnita Arvianti SP MP (Ketua), Ana Arifatus Sa’diyah, SP., MP (Anggota), Dr. Ir. Agnes Quartina, M.S (Anggota), dan Ninin Khoirunisa, SP., MP (Anggota) dibantu seluruh tim dosen PSAB UNITRI. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*