PROBINMABA UNITRI 2020 TERSELENGGARA SECARA ONLINE

MALANG – Sabtu (24/10) telah terselenggara Kegiatan Program Bimbingan Mahasiswa Baru (PROBINMABA) Online oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini PROBINMABA dilaksanakan secara online. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Kemahasiswaan UNITRI, Dr Agung Suprojo, S.Kom., MAP membuka kegiatan PROBINMABA Online 2020. Beliau juga memperkenalkan tujuan dari kegiatan tersebut.

“Program Bimbingan Mahasiswa Baru (PROBINMABA) 2020 bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mengangkat bakat minat dan kemampuan anda menjadi teraktualisasi sehingga bisa diapresisikan dalam konteks merdeka Belajar Kampus Merdeka.”

Beliau juga mengingatkan kepada mahasiswa bahwa dalam satu semester program ini akan direkam melalui Satuan Kredit Semester Kegiatan (SKS) mahasiswa yang menjadi prasyarat untuk melalui kegiatan lain seperti PKL hingga KKN.

“SKK ini akan menjadi prasyarat untuk melakukan KKN itu harus 100SKK. Dalam program pembinaan ini anda yang berprestasi baik di seni maupun olahraga bisa bergabung. Atau anda mempunyai peminatan mengikuti ekstrakurikuler yang ada dikampus juga bisa berkenalan dengan 22 UKM, 3 diantaranya kerohanian yang lain yaitu olahraga seni dan budaya.”

Seperti diketahui, setiap semester dalam PROBINMABA, Unit Kegiatan Kampus akan mendapatkan waktu untuk memperkenalkan diri. Banyak dari UKM tersebut yang telah berhasil mengharumkan nama almamater seperti bulutangkis, dan lain sebagainya. Hal ini juga didukung dengan adanya fasilitas UKM yang harapannya tidak hanya membuat mahasiswa aktif dalam segi akademis tetapi juga secara organisasi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini PROBINMABA dilaksanakan secara Online. Ketua Pelaksana Kegiatan PROBINMABA, Yohanes Boka Pega, menjelaskan meskipun di tengah situasi pandemic Covid-19, tidak mengurangi antusias mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan.

“Teknis pelaksanaannya sistem online daring. Terkait tanggapan mahasiswa, responnya baik. Banyak yang bertanya tentang apa saja Unit Kegiatan Mahasiswa dan bagaimana kuliah di kampus sebenarnya.”

Yohanes Boka Pega menambahkan, rencananya PROBINMABA akan dilakukan selama sebulan. Bila sebelumnya PROBINMABA dilaksanakan setiap minggu dalam satu semester, tahun ini akan diselenggarakan sebulan sekali untuk mengurangi beban mahasiswa. Harapannya, mahasiswa baru bisa berpartisipasi dalam program bimbingan ini. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*