PGSD UNITRI GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN GURU SD

Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (FIP UNITRI) sukses menggelar pelatihan pengelolaan perpustakaan guru sekolah dasar. Kegiatan yang diikuti lebih dari 35 peserta perwakilan guru SD mendatangkan pemateri berpengalaman dari perpustakaan Nasional RI-UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Hendriyanto, SIP., M.IP., M.M dan dilakukan di ruang pascasarjana lantai tiga Unitri, Jumat (29/3).

Wakil dekan FIP, Antonius Alam Wicaksono, S.Pd., M.Pd menjelaskan kegiatan ini berasal dari hasil inisiatif dan kerjasama guru SD di Merjosari dan lainnya yang telah melakukan penandatanganan MoU dengan fakultas. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan mampu memberikan wawasan baru terkait pengelolaan perpustakaan di sekolah dasar.

“Kegiatan ini berdasarkan komitmen dari FIP Unitri dan SD di Kota Malang seperti SD Dinoyo, SD Landungsari, SD IT Ahmad Yani, SD Karang Besuki, SD Merjosari, SD Bareng, SD Surya Buana, hingga SD Mulyoagung. Harapannya adalah acara ini bisa menjadi solusi bagi Bapak/Ibu guru di Sekolah Dasar dan semoga dapat membantu meningkatkan pengelolaan perpustakaan di sekolah.”

Seperti diketahui, perpustakaan sering dianggap sebagai jantung sekolah yang merupakan bagian yang sangat penting bagi siswa. Perpustakaan saat ini juga sudah bertransformasi menjadi berbagai hal yang bermanfaat di masyarakat. Dalam pelatihan tersebut, pemateri kegiatan, Hendriyanto, S.IP., M.IP., M.M menyampaikan berbagai materi manajemen perpustakaan seperti akuisisi, layanan informasi, hingga anggaran. Selain penyampaian materi, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan uji coba software serta evaluasi penilaian hasil pelatihan dengan pemanfaatan aplikasi Kahoot (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*