PERKUAT JARINGAN KERJASAMA, FAKULTAS EKONOMI UNITRI LAKUKAN MOU

MALANG – Program Kampus Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Nadiem Makarim nampaknya membawa banyak perubahan di ranah institusi pendidikan Perguruan Tinggi. Salah satunya ialah memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi yang diharapkan mampu membuka cakrawala pengetahuan serta memperkuat jejaring kerjasama. Guna mencapai visi misi tersebut, Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan ASPARINDO (Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia) dan Koperasi Digital Nasional Kayana Reswara Nitra (KEREN) serta Fariz Hotel Malang, Jumat (19/09). Kegiatan ini dalam rangka implementasi kurikulum merdeka belajar serta memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan Fakultas Ekonomi UNITRI, Dr Nur Ida Iriani, MM menyampaikan, kerjasama merupakan kunci yang paling tepat untuk menciptakan kesetaraan dan kebermanfaatan program. Dengan melihat persamaan visi dengan pihak ASPARINDO (Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia) dan Koperasi KEREN serta Fariz Hotel Malang, Fakultas Ekonomi juga ingin bekerjasama dalam hal Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Kebetulan visi kami sama yaitu ingin mengangkat perekonomian kecil (UMKM). Dengan koperasi KEREN dan ASPARINDO tujuan kerjasama ialah mengangkat perekonomian lewat pasar-pasar tradisional. Nah nanti mahasiswa akan dilibatkan dan nilainya akan dikonversi untuk bobot yang sama dengan kuliah.”

Selain itu, kerjasama dengan Koperasi KEREN dan ASPARINDO juga bertujuan untuk peningkatan penelitian dan pengabdian dosen. Sementara kerjasama dengan Fariz Hotel berkaitan dengan pemberian pelatihan softskill mahasiswa yang akan sangat berguna kedepannya.

Dalam penandatangan tersebut, dekan Fakultas Ekonomi UNITRI didampingi oleh Ahmad Mukoffi, SE., M.Sa (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi), Dr Totok Sasongko , MM (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNITRI), Rizki Aprilia Dwi Susanti, SE., MM (Kepala Program studi Manajemen), Dr Hendrik Suhendri, M.Sa (Kepala Program studi Akuntansi), dan Fitria Setyaningrum, SE., MM (Gugus Jaminan Mutu). Sementara Pihak kedua dari Koperasi KEREN yang hadir ialah Prof.Ir.J.W. Saputro, MSc., MBA., Ph.D (Ketua Umum) dan Prof.Dr.Intiyas Utami,SE., M.Si.,Ak,CA,CM,QIA (Sekretaris Umum Koperasi KEREN). Sedangkan dari pihak Fariz Hotel dihadiri langsung oleh Hotel Manager M Arivianto.

Kerjasama ini diharapkan dapat terus berlangsung dan terus diperpanjang setiap tahunnya. Fakultas Ekonomi juga akan menindaklanjuti isi kerjasama dengan mengaplikasikannya langsung dalam aktifitas belajar mengajar.

“Kami akan menindaklanjuti kerjasama pelatihan dari hotel dengan cara menghadirkan narasumber di dalam mata kuliah tamu. Juga, untuk koperasi, beliau akan mengirimkan semacam instruksi atau survei terkait apa sebetulnya yang dibutuhkan mahasiswa bila ingin melakukan penelitian atau pengamatan di lapangan. Jadi mereka punya gambaran.” Tutupnya. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*