PEMERINGKATAN UNITRI MENURUT WEBOMETRICS DAN 4ICU 2020

MALANG – Mengawali tahun 2020, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berhasil menduduki peringkat ke 182 se-Indonesia versi Webometrics Rangking of World Universities 2020. Webometrics merilis peringkat lain yang diperoleh oleh Unitri diantaranya peringkat ke-389 se-Asia Tenggara dan peringkat ke-2740 se-dunia. Sementara untuk peringkat 4icu, Unitri berada di posisi ke 124. Meski angka ini termasuk menurun dari tahun sebelumnya yang berada pada posisi ke-79 untuk Webometric dan 123 untuk 4icu, Unitri berusaha meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing bersama dengan seluruh Universitas di Indonesia hingga dunia.

Wakil Rektor I bidang Akademik, Sistem Informasi, dan Inovasi Unitri, Dr Ir Widowati, MP mengungkapkan, pemeringkatan ini berubah setiap periode waktu.

“Pemeringkatan 4ICU dan webometric merupakan dinamika karena pemeringkatan memiliki kriteria masing-masing menurut versinya. Kita tidak bisa mengetahui secara pasti cara menentukan peringkat yang mereka lakukan.”

Meski demikian, Unitri terus berharap dapat naik peringkat baik nasional maupun internasional. Dengan kondisi seperti ini, Warek I Unitri menambahkan, penurunan ini menjadi bahan evaluasi bagi sivitas agar lebih bersemangat dalam mengejar prestasi. Ia meminta semua pihak untuk dapat mendukung langkah Unitri ke depan sehingga dapat menjadi lebih baik lagi.

Seperti diketahui, Webometrics merupakan sistem perangkingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19.000 lembaga perguruan tinggi di dunia. Sedangkan tujuannya adalah untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Pengumuman dapat diakses pada laman : www.webometrics.info.

Sementara 4icu atau kepanjangan dari 4 International Colleges & Universities adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Update hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*