PEDULI LANSIA, TIM ABDIMAS UNITRI LAKUKAN KEGIATAN BAKTI SOSIAL NEW NORMAL DI RW 6 TLOGOMAS

Malang- Di tengah-tengah situasi pandemi seperti saat ini, tidak menyurutkan semangat dosen Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang untuk menggelar kegiatan Bakti Sosial new normal di lingkungan sekitar wilayah RW 06 Kelurahan Tlogomas terutama untuk para warga lanjut usia (Lansia). Tergabung dalam kelompok Pengabdian kepada Masyarakat, Sulasmini, S.Kep., Ns., MAP beserta angggotanya menjalankan tugas untuk terus meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Kesehatan.

Kegiatan yang digelar bertepatan dengan hari pohon sedunia, Sabtu (21/11) tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para lansia di RW 06 Tlogomas agar bisa hidup sehat dan bagaimana menjalankan protokol kesehatan.

“Materia yang disampaikan yakni bagaimana cara hidup sehat untuk lansia. Saya juga ada senamnya. Kemarin kita senam prolanis atau program pelaksanaan penyakit kronis yang selalu di idap oleh lansia, kemudian bagaimana cara cuci tangan yang benar dan menjalankan protokol Kesehatan covid-19” ucapnya.

Kemudian materi yang kedua yaitu tentang cara memasak seperti memasak nasi dengan perasan air jeruk. Selain agar nasinya menjadi lebih punel dan enak, nasi dengan perasan air jeruk akan dapat bertahan lebih lama dan tidak bau.

“Terus untuk penggunaan minyak sisa, kami berikan arahan untuk dapat segera dibuang bila lebih dari 2×24 jam karena penggunaan minyak sisa akan menyebabkan penyakit kanker.”

Kegiatan abdimas tersebut mengundang hampir 100 lansia. Tetapi tidak semua lansia hadir karena kondisi Kesehatan dan faktor usia. Meski demikian, seluruh lansia tetap diberikan paket kesehatan berupa kue, minuman, obat, dan masker.

Selain itu, Sulasmini mengatakan bahwa ia beserta rekannya membagikan sebanyak 20 pohon Ciplukan kepada lansia.

“Nah, kebetulan tanggal 21 kan hari pohon sedunia, sehingga saya dan tim membawa tanaman ciplukan kira-kira bibitnya sudah 15 cm gitu dan kami berikan kepada orang yang pintar menanam bukan yang suka tanaman sebanyak 20 bibit pohon.” ungkapnya.

Ciplukan merupakan tanaman yang mempunyai imunitas tinggi yang sangat bermanfaat terutama bagi lansia sehingga itu perlu disebarluaskan dan dilestarikan.

Dalam menjalankan kegiatannya, Sulasmini di bantu oleh tim pengabdian kepada masyarakat diantaranya yakni Dr. Ir.Eko Marhaeniyanto, MP, Dr. Zuhdi Ma’sum, ST., MT, Mia Andinawati, S.Kep., Ns., M.Kep, Arie Jefry Ka’arayeno, M.Kep., Ns.Kep.MB, Abd.Rohman, S.Sos., MAP, dan Zainol Arifin, SP., MP.

Setelah kegiatan ini, Sulasmini berharap masih akan banyak agenda yang berkelanjutan yang akan dilaksanakan untuk lansia. Disamping itu, ia juga berencana kedepannya untuk memperjuangkan program kemanusiaan seperti merencanakan kegiatan donor darah dilingkungan sekitar Fakultas Ilmu Kesehatan sebanyak 100 kantong untuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, apalagi saat ini golongan darah A, B, +B sangat sulit ditemukan. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*