MENUJU NEW NORMAL, FIKES UNITRI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PRAKTIKUM

Malang – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengadakan kegiatan praktikum pada semester genap 2019/2020, dengan menerapkan Protokol Kesehan. Praktikum ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan dalam rangka untuk mencapai kompetensi mahasiswa dari masing-masing mata kuliah yang ditempuh. Meskipun ditengah mewabahnya covid-19 ini, praktikum tetap dilaksanakan untuk melihat kemampuan mahasiswa bukan dari teorinya saja tetapi lewat pelaksanaan praktikumnya juga.

Wakil Dekan FIKES UNITRI, Arie Jefry Ka’arayeno, M.Kep.,Sp.Kep.MB menjelaskan, dalam pelaksanaan praktikum di dalam kondisi new normal seperti saat ini, FIKES melakukan dua jenis praktikum yakni tatap muka dan online. FIKES tetap mengedepankan protokol Kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah serta surat keputusan dekan terkait pelaksanaan praktikum di masa pandemic Covid-19.

“Untuk mahasiswa yang melakukan praktikum secara tatap muka, harus memenuhi kategori dan aturan yang sudah ditentukan. Tiga elemen penting dalam Protokol ini adalah kesiapan dan komitmen dari Pihak penyelenggara dalam hal ini Fakultas, Pekerja yaitu dosen, dan Mahasiswa sebagai pengunjung atau peserta. Jadi kita nanti menyediakan APD minimal seperti alat pengukur suhu, menggunakan alat pelindung diri, hasmat, face shied dan masuk lab harus sesuai kapasitas lab dengan terus menjaga jarak. Kemudian untuk mahasiswa yang berada di luar kota malang dan tidak dalam kondisi fit atau sehat bisa melakukan praktikum secara online dengan melakukan beberapa tugas yang telah di siapkan dosen yang bersangkutan.”

Sementara itu, yang diujikan dalam kegiatan praktikum yakni berkaitan dengan tindakan pantom dan pasien, memasang infus, injeksi dan melakukan pengkajian. Selain itu, guna memperlancar praktkum, FIKES didukung oleh UNITRI telah menyiapkan APD lengkap, wadah tempat cuci tangan, masker dan juga lab di semprot menggunakan disinfektan 4 hari sekali. Kegiatan praktikum akan berlangsung terhitung tanggal 30 juni 2020 sampai 15 juni 2020.

Yanti Rosdiana, S.Kep., Ns., M.Kep selaku kepala laboratorium jiwa, berharap kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan tepat waktu hingga kompetensi tercapai. Ia berpesan agar dosen dan mahasiswa dapat terus menjaga kesehatannya di tengah pandemi seperti saat ini. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*