MAHASISWA UNITRI RAIH PENDANAAN PKM-P


Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berhasil meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Penelitian (PKM-P) dari Ristekdikti. Penelitian ini dilakukan oleh Andy Iswantoro, Nur Mufidah, Dan Maria Ernesta Dungnga dan mengambil judul ‘Optimis Aplikasi Asap Cair Menggunakan Maltodekstrin Melalui Sistem Nanoenkapsulasi Terhadap Pengawetan Siomay’.

Dosen pendamping penelitian, SP Abrina Anggraini, ST., MT menjelaskan, ide awal penelitian ditemukan dari terlalu banyaknya bahan tambahan yang tidak sesuai dengan program pemerintah yang tidak aman di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pengawet alami dari tempurung kelapa yang gampang dicari dan diterapkan pada siomay. Hal ini dilakukan karena siomay merupakan makanan yang memiliki bahan yang mudah rusak.

“Dengan latar belakang ini, peneliti mencoba menggunakan teknologi yang aman dan dapat langsung diaplikasikan di masyarakat. Penelitian ini akan mengubah tempurung kelapa menjadi asap cair yang kemudian diubah kembali menjadi tepung asap. Kami percaya bahwa dalam kandungan tepung asap, ada senyawa yang memiliki pengaruh lebih lama dengan kadar protein yang lebih banyak.”

Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Penelitian (PKM-P) dari tiga mahasiswa ini telah dicoba di beberapa informan yang terdiri dari para pedagang siomay di Malang. Sejauh ini, penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang aman yang siap diaplikasikan langsung di masyarakat. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*