MAHASISWA UNITRI BERHASIL MASUK 10 BESAR PILMAPRES 2020

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Pusat Prestasi Nasional. Ajang ini merupakan ajang tahunan yang mempertandingkan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang berprestasi di bidang karya ilmiah. Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Malang setiap tahunnya ikut mengirimkan perwakilan mahasiswa berprestasinya di ajang tersebut. Tahun ini, UNITRI berhasil mengirimkan mahasiswanya untuk bertanding di tingkat 10 besar nasional.

Berdasarkan surat Kemendikbud no 0523/J3.4/TU/2020 tanggal 24 Juni 2020, dari 10 besar nasional, perwakilan UNITRI berhasil berada di urutan ke-4 atas nama Stephens Ermanda Saputra. Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr Agung Suprojo, S.Kom., M.AP mengucapkan rasa bangga atas keberhasilan mahasiswa tersebut. Prestasi ini merupakan kebanggaan tersendiri dari UNITRI dan tim. Dari 48 judul Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), tim juri dari kemahasiswaan UNITRI telah menyeleksi karya sejak bulan Februari. Selanjutnya, mahasiswa yang lolos akan diseleksi kemampuan Bahasa Inggris, kemampuan mempresentasikan karya ilmiah ditambah dengan pengembangan karakter.

“Dari beberapa nominator yang sudah kita kuatkan dari kemampuan Bahasa inggris  hingga pengembangan kepribadian, mereka mengupload presentasi dari karya ilmiah di usulan PKM itu versi Bahasa inggris di media sosial masing-masing.”

Dalam ajang Pilmapres, dibutuhkan adanya perhatian dari masyarakat umum maupun stake holder untuk dapat menilai video presentasi mahasiswa yang diposting di sosial media maupun youtube mereka dengan mengirim link url.   Seperti diberitakan, Pilmapres menilai soft skill dan hard skill dari mahasiswa dalam pengembangan ekstra kulikuler selama perkuliahan maupun intrakulikuler. Saat ini tim UNITRI menunggu tahap selanjutkan dari pelaksanaan Pilmapres.

Agung menambahkan, pihaknya berharap justru kesempatan tahun 2020 ini, yang meloloskan UNITRI masuk tingkat nasional menjadi motivasi bagi mahasiswa semester 2 maupun 4 untuk mulai berani menulis karya ilmiah sehingga semakin banyak yang bisa dikirimkan ke LLDIKTI.

“Semakin banyak peluang yang lolos, semakin banyak pula nominator mahasiswa yang bisa kita ajukan ke ajang Pilmapres. Secara internal pula harapan dari biro kemahasiswaan, pilmapres tahun depan bisa secara menyeluruh. Artinya tidak terbatas tetapi bisa keseluruhan prodi di UNITRI bisa ikut andil menjadi nominator-nominator terbaik. Pemerintah sudah banyak memberikan komponen dan unsur unsur penilaian mahasiswa berprestasi.”

Ia berharap, bukan hanya secara kualitas saja melainkan secara kuantitas semua program studi di UNITRI harus mempersiapkan diri di semester 4 untuk menulis dan mengikuti program kreatifitas mahasiswa. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*