LPM UNITRI LAKUKAN PENDAMPINGAN GUNA SIAPKAN AKREDITASI DAN RE-AKREDITASI PRODI

MALANG – Dalam rangka mempersiapkan akreditasi pertama Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas lmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNITRI menggelar kegiatan Pendampingan Penyusunan IKU dan sasaran mutu dalam menyusun evaluasi diri, Selasa (4/8) di Ruang Sidang Rektorat Lantai 2 UNITRI. Dalam kegiatan tersebut, tim LPM turut hadir untuk membantu program studi mempersiapkan berkas-berkas keperluan borang akreditasi.

Kepala LPM UNITRI, Dr.Ir. Kgs Ahmadi, M.P menjelaskan, kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mencapai batas kelayakan dari nilai yang diinginkan serta memberikan masukan kepada program studi yang akan mengajukan proses re-akreditasi maupun akreditasi pertama.

Seperti diketahui, sejak 1 April 2019 Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberlakukan instrumen baru dalam akreditasi program studi, yaitu IAPS (Instrumen Akreditasi Program Studi ) 4.0 yang menggunakan 9 kriteria yang berbasis outcome. Sebelumnya instrumen akreditasi dengan 7 standar berbasis input dan proses. Dr.Ir. Kgs Ahmadi, M.P menambahkan, tentu aturan ini akan memberikan banyak tantangan baru bagi UNITRI, karena ini merupakan proses akreditasi pertama yang menggunakan IAPS 4.0.

“Setiap program studi yang mau mengajukan proses re-akreditasi maupun akreditasi, akan mendapatkan pendampingan dari LPM atas perintah Rektor. Untuk dua program studi baru di Fakultas Ilmu Pendidikan ini kebetulan sudah menggunakan instrument baru sehingga tantangannya pasti lebih banyak mengingat yang sebelumnya kita menggunakan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 7 Standart, dan sekarang dengan pemberlakukan Instumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0, kita harus menggunakan 9 kriteria”

Secara teknis, persiapan akreditasi menggunakan IAPS 4.0 dilakukan melalui mekanisme pendampingan LPM selanjutnya penilaian oleh asesor internal. Apabila telah diapndang layak maka akan dilakukan unggah ke SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On-line) untuk dilakukan asesmen oleh asesor BAN-PT. Peringkat akreditasi dengan IAPS 4.0 adalah Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Sebelumnya peringkat akreditasi dengan instrumen 7 standar adalah A, B, dan C. Bila program studi yang menggunakan sistem akreditasi lama ingin mendapatkan peringkat akreditasi baru maka harus mengisi Instrumen Supplemen Konversi dan diajukan ke BAN-PT melalui unggah ke SAPTO untuk mendapatkan penilaian. Setelah diperiksa, proses asesmen atau penilaian dokumen usulan konversi akan dilakukan tim asesor dan akan dilakukan proses validasi untuk mendapatkan penilaian ulang sekaligus pengesahan hasil asesmen oleh tim validator. Lebih lanjut, penetapan hasil konversi peringkat akreditasi oleh BAN-PT akan disampaikan langsung kepada perguruan tinggi. Hasil konversi akan mengubah peringkat akreitasi dari A menjadi Unggul, B menjadi Baik Sekali, dan C menjadi Baik.

Pada saat pembukaan Program Studi Baru, secara otomatis mendapatkan akreditasi minimum C. Sehingga, untuk saat ini, Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNITRI telah otomatis mendapatkan akreditasi C. Dr.Ir. Kgs Ahmadi, M.P menargetkan, setidaknya kedua prodi dapat meningkatkan akreditasi menjadi B (Baik Sekali).

Kegiatan pendampingan akreditasi dan re-akreditasi dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNITRI pada dua program studi (Pendidikan Matematika dan PGSD) sebenarnya sudah berlangsung lebih dari setahun. Minggu ini adalah tahapan terakhir dari kegiatan. Meski demikian, LPM UNITRI terus berusaha melakukan pembenahan dan revisi, serta menyamakan persepsi terkait Batasan dan indikator sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

“Ada hal-hal yang mungkin agak tidak sesuai dengan template yang sudah ada sehingga kita berupaya untuk meluruskan lagi, menyamakan persepsi terkait batasan-batasan jumlah halaman, juga memberikan pemahaman tentang indikator kinerja, kinerja umum, kinerja tambahan yang sesuai dengan syarat yang dibutuhkan. Seminggu ini kita coba untuk merampungkan ini.” Tutupnya. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*