LP3 UNITRI ADAKAN PELATIHAN PEKERTI DAN AA

Dosen merupakan komponen yang berperan di dalam meningkatkan pembelajaran. Sebagai tenaga pendidik dan ilmuan profesional, dosen dituntut untuk dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuan dibidang penguasaan ilmu hingga keterampilan kurikulum. Salah satu bentuk penjaminan mutu pendidikan adalah dengan melaksanakan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Aproach (AA). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) di Universitas Tribhuwana Tunggadewi (12-16/02).

Dr. Ir. Widowati., MP, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Sistem Informasi, dan Inovasi yang turut hadir membuka kegiatan Pekerti dan AA menyampaikan, kegiatan tersebut sangat penting mengingat sumber daya dosen profesional sangat dibutuhkan dalam mempengaruhi kualitas belajar mahasiswa. “jadi ketika kita melaksanakan program Pekerti dan AA, kita secara langsung tidak hanya meningkatkan kualitas dosen, tapi juga dapat memiliki kemampuan mengajar yang memadai dan pada akhirnya dosen dapat memiliki wawasan dan keterampilan unggulan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran dan kualitas mahasiswa belajar.” Tambah Wakil Rektor I Universitas Tribhuwana Tunggadewi tersebut.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Pekerti dan AA yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unitri, Dian Noorvy K, Dr. ST., MT, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan pelatihan kali ketiga yang diadakan Universitas Tribhuwana Tunggadewi dan bekerjasama dengan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Sejak tahun 2015, UNITRI telah aktif dan dipercaya menjadi penyelenggara acara PEKERTI dan AA. Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi UNITRI, mengingat lebih dari 17 Universitas ikut berpartisipasi menjadi peserta dan menunjukkan antusias tinggi untuk mengikuti kegiatan pelatihan hingga akhir acara. “Kami memulai kerjasama pelatihan ini sejak 2015. Awalnya pelatihan di ikuti oleh kalangan dosen UNITRI. Kemudian di tahun 2017, kami baru berani share acara keluar universitas dan ternyata cukup mendapat apresiasi. Jadi, di tahun 2018 ini, kami sudah percaya diri menyelenggarakan pelatihan ini.” Jawab Dian Noorvy kepada Humas.

Acara Pelatihan PEKERTI dan AA dilaksanakan pada 12-16 Februari 2018. Acara dibuka oleh Prof Dr. Diah Sawitri, SE., MM mewakili kopertis wilayah VII Jawa Timur dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber.

Seperti diketahui, Kegiatan Pelatihan PEKERTI diikuti oleh 58 dosen dan Pelatihan AA diikuti oleh 50 dosen. Sementara Universitas pengikut berasal dari berbagai Universitas di Jawa Timur seperti Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Universitas Gajayana, Universitas Widyagama, Universitas Merdeka Malang, STT STIKMA Internasional, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Istitusi Pertanian Malang, Politeknik Kota Malang, STIE Asia Malang, STIEKEN Jayanegara, STIKI Malang, STMIK Asia Malang, STMIK  PPKIA Pradnya Paramitha, STT Malang, Universitas KH. Wahab Hasbullah, Universitas Islam Blitar, Universitas Islam Majapahit, hingga Universitas Madura.

Nantinya, peserta yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk kelengkapan mengurus keperluan dosen seperti sertifikasi dosen, kenaikan jabatan, dan lain sebagainya. (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*