LAB ADM KAJI PENYUSUNAN RAB & APBDes DALAM WORKSHOP FINANCIAL BUDGETING

Laboratorium Perencanaan Pembangunan dan Otonomi Daerah milik Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) kini meningkatkan produktifitasnya dengan sukses menggelar workshop financial budgeting, Selasa (21/05). Tahun ini, tema yang diusung ialah Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2019.

Ketua pelaksana kegiatan, Andreas menjelaskan tujuan dipilihnya tema ialah agar dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana menyusun RAB & APBDes. Lantas sebagai mahasiswa yang belajar di program studi Administrasi Publik, penting untuk memahami persoalan keuangan yang sejauh ini di butuhkan masyarakat.

“Workshop ini telah kami rencanakan sejak 12 Maret lalu. Saya sangat mengapresiasi mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini. Nantinya, selain penyampaian materi, mahasiswa juga akan melakukan praktikum langsung dengan narasumber yang berpengalaman.”

Workshop yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Unitri tersebut menghadirkan dua narasumber yakni George Da Silva, Direktur Lembaga Pemantau dan Evaluasi Otonomi Daerah, serta Ketut Rubiantoro selaku Pendamping program P3RD (pendampingan daerah Desa).

Dihadapan lebih dari 249 peserta, Ketut menjelaskan bidang program P3RD di kota malang. Selain itu, ia juga membuka diskusi dengan beberapa peserta.

“Penting bagi semua untuk memahami bahwa di Kota Malang, ada sekitar 163 pendamping program pendampingan daerah Desa (P3RD). Sebagai orang yang dipercaya mengelola infrastruktur desa, saya dan enam pendamping lainnya kerap membuat RAB&APBDes”

Sementara pemateri kedua, George Da Silva terlihat menjelaskan tugas Lembaga Pemantau dan Evaluasi Otonomi Daerah dan bagaimana membuat format anggaran. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*