KULIAH TAMU PRODI BIOLOGI UNDANG PRAKTISI EDUPRENEURSHIP

Untuk membuka wawasan mahasiswa UNITRI khususnya calon pendidik terkait edupreneurship, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menyelenggarakan Kuliah Tamu bertema “Meningkatkan Daya Saing Calon Pendidik melalui Edupreneurship”. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, (7/6) di ruang D.42 UNITRI.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Antonius Alam Wicaksono, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa, kuliah perdana dengan mendatangkan praktisi Pendidikan dari luar Universitas merupakan kali pertama terselenggara di Program Studi Biologi. Prodi lain di Fakultas Pendidikan akan melaksanakan kegiatan yang sama dengan harapan dapat membuka wawasan mahasiswa agar dapat menjadi tenaga pendidik yang berkualitas.

“Kuliah tamu ini sangat penting bagi mahasiswa mengingat saat ini tenaga pendidik harus dapat bersaing di tingkat global sekaligus menambah wawasan dan semangat mahasiswa sebagai tenaga pendidik.”

Sementara itu, narasumber kuliah tamu yang berasal dari pakar wirausaha di bidang Pendidikan, Kartika, SE., S.Pd memaparkan bahwa, perkembangan dunia wirausaha saat ini turut mempengaruhi tenaga pendidik. Pemilik PAUD Kartika Pradana Malang tersebut bercerita seluk beluk perjuangannya menjadi seorang guru yang pada awalnya pesimis dan hanya memiliki beberapa murid. Tetapi dengan semangat beliau kemudian dapat sukses menjadi guru dan memiliki sekolah TK sendiri.

“Pada tahun 2015, saya hanya memiliki 8 murid dan sekolah kami hanya memiliki dua guru. Lalu di bulan Desember tahun itu kami memiliki 20 murid hingga saat ini kami sudah bisa menerima 120 murid.”

Alumni Prodi Akuntansi Universitas Tribhuwana Tunggadewi tahun 2011 tersebut menambahkan, semangat untuk menjadi pengajar harus terus dipegang kuat oleh diri sendiri. Tenaga pengajar juga harus berani berproses dari sekarang bila bercita-cita menjadi pendidik yang berkualitas.

“Jangan takut kalah dengan mahasiswa lain. Saya dulu juga berasal dari UNITRI dan akhirnya saya bisa menjadi seperti sekarang. Ada enam kunci sukses yang bisa di ikuti yakni Planning, Vision, Inovation, Team Work, Family, dan Pray. Semangat untuk mahasiswa UNITRI.” Ucap Kartika mengakhiri sesi kuliah kepada 50 mahasiswa Biologi UNITRI. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*