KKN 15 UNITRI DESA PUJIHARJO PERCANTIK PANTAI SIPELOT

Dalam pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke- XXX Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (UNITRI), Kelompok 15 UNITRI yang ditempatkan di wilayah desa Pujiharjo Kabupaten Malang bantu desa percantik Pantai Sipelot. Ide ini terpikirkan oleh kelompok saat pertama kali mereka ditempatkan di lokasi KKN.

Paulus Miki Sapta, ketua kelompok KKN 15 mengatakan, program percantik Pantai Sipelot ini di mulai dengan melakukan rapat dengan karang taruna desa dan masyarakat, dan mulai membangun beberapa spot foto. “Jadi kami mulai mengembangkan ayunan dan spot-spot foto di sana. Pantai Sipelot dulunya tidak terlalu banyak punya spot foto. Makanya kami buatkan tempat duduk untuk pengunjung agar dapat menikmati pantai dan kami buatkan juga lima spot foto lainnya.”

Selain pembuatan beberapa spot foto di Pantai Sipelot, kelompok KKN 15 juga membantu masyarakat mempromosikan pantai dengan membuatkan video mengenai indahnya pantai di Pujiharjo. Farida Kusuma Astuti, S.Pt., M.P dan Antonius Alam Wicaksono, S.Pd., M.P selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengungkapkan, kendala yang saat ini dialami warga adalah belum mengertinya masyarakat dengan perkembangan dunia digital. “Karena ada kendala seperti itu, akhirnya mereka belum bisa mengelola potensi yang ada disana. Kami juga membuat program kerja yakni pembuatan video potensi pantai di Pujiharjo dan membantu menyebarkannya di sosial media.”

Meski hanya satu bulan pelaksanaan, masyarakat merasa sangat terbantu dengan hasil program kerja kelompok. Masyarakat desa juga sangat mendukung mahasiswa mengingat selama proses pelaksanaan, mahasiswa dan warga berbaur menjadi satu membantu pekerjaan masing-masing. Farida Kusuma Astuti, S.Pt.,M.P berharap pantai sipelot dapat semakin dikenal. “Semoga semakin maju dan semakin berkembang. Di Pujiharjo sendiri sebenarnya ada program life in Pujiharjo. Jadi semoga apa yang ditinggalkan mahasiswa seperti spot ayunan, tempat duduk, dan lain-lain dapat dipelihara oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*