KEMENRISTEKDIKTI SOSIALISASI PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA DI UNITRI

Untuk meningkatkan kualitas Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) sekaligus mensosialisasikan beberapa program terkait PKM, Kasubdit Penalaran dan Kreatifitas Kemahasiswaan Dirjen Belmawa Kemristekdikti melakukan kunjungan ke kampus kerakyatan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Sidang Pascasarjana UNITRI, Senin (20/8). Kegiatan ini bertujuan untuk sharing pengalaman dalam mengelola PKM dan sekaligus memberikan sosialisasi terkait bagaimana penulisan PKM dan kisi-kisi PKM masuk PIMNAS.

Kepala Biro Kemahasiswaan UNITRI, Agung Suproko, Dr. S.Kom., M.AP menjelaskan, PKM merupakan program penting bagi mahasiswa maupun bagi Universitas. Keduanya dapat membantu meningkatkan mutu kualitas mahasiswa dan dosen, dan hal tersebut jelas membantu Universitas ikut berkembang pula.

“Dalam Program Kreatifitas ini, dosen dapat meningkatkan kepangkatan, dan mahasiswa dapat menggunakan PKM untuk bahan skripsi atau tugas akhir. Sedangkan untuk kemahasiswaan, PKM dapat membantu meningkatkan peringkat kemahasiswaan dalam Simkabmawar Kemenristekdikti.”

Sementara itu, Kasubdit Penalaran dan Kreatifitas Kemahasiswaan Dirjen Belmawa Kemristekdikti, Misbah Fikrianto, berbagi trik meningkatkan jumlah PKM dan bagaimana mendorong seluruh pihak agar dapat mengikuti PKM.

“Selama pelaksanaan PKM, 50 proposal dari lima bidang PKM akan memperebutkan pendanaan dikti. Sedangkan untuk PKM AI dan GT ada sebanyak 20 proposal yang masuk. Hal yang paling penting adalah menentukan dua reviewer yang diutamakan pernah masuk PKM. Kami berharap pembimbing PKM merupakan dosen yang berkualitas yang dapat membantu tim untuk dapat memperbaiki PKM yang akan di kumpulkan.” Ujarnya.

Pihak Dikti juga menyarankan seluruh Universitas yang mendapatkan pendanaan dari Dikti mampu mendorong semaksimal mungkin tim yang akan dikirimkannya, agar dapat masuk ke PIMNAS karena hal tersebut dapat membantu Universitas mendapatkan poin paling tinggi.

Sedangkan Ka. Biro Kemahasiswaan UNITRI yang saat diskusi ditemani Wakil Rektor 1, perwakilan Kepala Program Studi, dan Ketua Tim Seleksi PKM mengharapkan, kedepan akan semakin banyak karya PKM yang mendapatkan pendanaan dari Dikti dan dapat tembus ke Pimnas sesuai harapan dikti. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*