HIPMAT UNITRI ADAKAN KULTAM GUNA PERSIAPKAN OLIMPIADE MATEMATIKA

Dalam rangka mempersiapkan acara diesnatalis pertama pada maret 2019, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIPMAT) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menyelenggarakan Kuliah Tamu mencetak pembimbing OSN Matematika, Kamis (13/12) di Ruang Sidang Rektorat UNITRI. Tujuannya ialah untuk mempersiapkan olimpiade matematika SMP/SMK yang akan dibuat oleh HIPMAT.

Kepala Program Studi Pendidikan Matematika, Nathasa Pramudita Irianti, S.Pd., M.Pd menjelaskan, kuliah tamu tersebut sangat spesial karena mendatangkan Salman Sakif S.Pd M.Pd sebagai pemateri yang memiliki pengalaman membina olimpiade se-Jawa Timur, guru, praktisi, dan juga sekaligus dosen di Universitas Kanjuruhan Malang.

“Pemateri hari ini akan membantu kami menjelaskan tentang soal-soal olimpiade matematika. Sementara kuliah tamu ini rencananya akan menjadi kegiatan tahunan Prodi Matematika untuk membranding prodi matematika Unitri. Selain itu, sejauh ini tidak banyak prodi matematika yang menggelar olimpiade matematika tahunan. Unitri kami harapkan bisa melakukannya.” Ungkap Nathasa kepada Humas.

Sementara itu, pemateri kuliah tamu, Salman Sakif S.Pd M.Pd mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum membuat olimpiade. Selain pembentukan panitia dan anggaran olimpiade, hal terpenting yang perlu di maksimalkan adalah konsep dan soal.

“Yang paling penting adalah harus punya konsep yang matang, misalnya mau membuat level Malang Raya atau Jawa Timur. Kemudian punya link terkait tim ahli olimpiade agar dapat membuatkan soal.” Jawab Salman.

Salman menambahkan, panitia olimpiade diharapkan dapat mempelajari soal-soal problem solving dari materi yang akan diajarkan dan sanggup memiliki pemahaman soal olimpiade. Seperti yang disampaikan, guru saat ini dituntut tidak hanya pintar dalam mengajar tetapi juga membimbing siswanya untuk mengikuti olimpiade. Dengan giat belajar mengerjakan soal dan membaca banyak buku, guru dapat mengarahkan siswa untuk berprestasi di bidang akademik semacam ini.

Program Studi Pendidikan Matematika akan menggelar Diesnatalis yang pertama pada Maret 2019. Selain menyelenggarakan olimpiade, rencananya Prodi kami juga akan menggelar tryout matematika tingkat SMP dan SMA di bulan Februari dengan sekolah yang sudah bekerjasama dengan Prodi. (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*