HIMATIP AJAK MAHASISWA KEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS POTENSI LOKAL

Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (HIMATIP UNITRI) menggelar diklat kewirausahaan bertemakan “Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal”, Minggu (15/4) di Gedung Hayam Wuruk BEM Lantai 2 UNITRI.

Ketua HIMATIP, Muhammad Makruf menjelaskan, pengembangan kewirausahaan berbasis potensi lokal menjadi topik bahasan yang penting terutama bagi mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP). “Karena kita berasal dari lingkup TIP, kita sadar bahwa potensi lokal di berbagai daerah sangat penting untuk dikembangkan. Contohnya, ada singkong, ubi, dan masih banyak lain. Kami ingin mahasiswa TIP tidak hanya pintar membuat hasil produksi, tapi juga dapat memasarkan produknya secara inovatif.”

Adapun konsep diklat kewirausahaan terbagi atas dua sesi. Sesi pertama ialah diklat ruangan dengan mendatangkan pemateri dari Pembina Himpunan, Rozana, S.TP., M.Si dan Suhudi, S.T., M.T.

“Materi diklat terdiri dari pengembangan kewirausahaan dan Bisnis Canvas Modal untuk menyusun rencana bisnis. Nanti mahasiswa yang ikut akan di bagi dalam tim untuk dapat membuat proposal plan bisnis yang dapat dijual di saat wisuda besok. Kemudian sesi kedua diklat ini merupakan diklat lapangan yang diselenggarakan saat wisuda itu.”

Diklat kewirausahaan HIMATIP memang diadakan untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa untuk dapat berani berinovasi. Himpunan juga siap untuk memberikan pinjaman kepada kelompok yang idenya menarik dan telah terseleksi sebelumnya. Proses seleksi dilakukan oleh Pembina Himpunan pada Sabtu (21/4).

Seperti diketahui, sebanyak 37 mahasiswa Teknologi Industri Pertanian angkatan 2017 mengikuti kegiatan diklat kewirausahaan. Seluruh peserta dibagi dalam empat kelompok masing-masing terdiri dari 7-8 mahasiswa. Masing-masing kelompok ditugaskan membuat proposal sebagai output dan membuat hasil produk untuk dipasarkan di saat wisuda pada Sabtu (28/4). (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*