HIMATEKIM GUNAKAN BAHAN LIMBAH DARI CANGKANG TELUR DALAM DEMO PRODUK

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKIM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menggelar demo produk pembuatan pasta gigi dan pengharum ruangan, Sabtu (15/06) di Gedung Graha Utama. Menariknya, demo produk yang dilakukan menggunakan bahan limbah dari cangkang telur.

Koordinator Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Himatekim, Dina Trisak Diah menjelaskan, limbah cangkang telur dipilih sebagai bahan dalam membuat pasta gigi karena kandungan kalsium dalam cangkang yang tinggi. Percobaan demo produk di lakukan oleh dua mahasiswa perwakilan dari teknik kimia, yakni Lady Dian Ridolf dan Beata Karina.

“Tujuan demo produk hari ini adalah untuk mengenalkan produk baru yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Limbah cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan gigi. Ide ini juga dari teman-teman divisi litbang.”

Selama ini, Dina menambahkan, Himatekim telah aktif membuat produk lilin aroma terapi dan sabun cair. Tahun ini, berbeda dari konsep sebelumnya, demo produk membuat produk baru yang harapannya dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa dalam berwirausaha. Kegiatan tahunan ini terbuka bagi umum dan tidak di pungut biaya.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 40 peserta tersebut, mengundang banyak perhatian karena keunikan produk yang disosialisasikan. Ketua Himatekim, Andy Iswantoro berharap, seluruh peserta dapat mempraktekan pembuatan produk di rumah dan tahun berikutnya produk yang diciptakan akan lebih beragam. Selain acara demo produk, Himatekim tengah bersiap menggelar Musyawarah Umum Anggota (MUA) pada 21 Juni mendatang. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*