HIMAKA USUNG TEMA PERAN PAJAK DALAM REVOLUSI INDUSTRI DALAM KULIAH TAMU

Kemajuan revolusi Industri di berbagai bidang seperti sosial, budaya, dan ekonomi, turut menuntut mahasiswa agar dapat berwawasan lebih luas khususnya terkait pengetahuan akan pajak Negara. Untuk mewujudkan hal tersebut, Selasa, (29/5) di GOR Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNITRI mendatangkan Kunsultan dan Public Accounting Firm dari Ikatan Konsultan Pajak Indonesia Cabang Malang, Otto Budihardjo, SE, SH, MM, Ak, BKP, C, CPA, CPMA, CSRA, CSRS untuk memberikan pemaparan terkait peran pajak dalam revolusi industri 4.0.

Ketua pelaksana kuliah umum, Livia Khairunisa menjelaskan, adapun tema yang dipilih sesuai dengan kondisi kemajuan revolusi industri saat ini yang telah memasuki revolusi keempat.

“Kami berharap, pemateri akan membantu kami mengetahui dan mengerti seberapa besar peran pajak dalam revolusi industri.”

Sementara itu, pemateri kuliah umum, Otto Budihardjo memaparkan revolusi industri tahap ke empat terdiri dari tahapan penggunaan mesin uap, elektrik dan pembuatan mobil massa, komputer dan pengotomatisan, serta secara nirkabel atau cyber physical system. Bila pasca revolusi tersebut terjadi kelebihan batas maka terjadi collapse atau penyeimbangan keberlangsungan hidup. Karena hal tersebut, pajak sebagai iuran dari masyarakat kepada Negara, merupakan keperluan umum dan kemakmuran rakyat yang dapat membantu negara agar tidak mengalami hal negatif tersebut.

“Untuk itu, dengan membayar pajak secara tidak langsung kita telah berkontribusi untuk kepentingan umum serta pelayanan untuk masyarakat itu sendiri. Mahasiswa juga harus tahu bahwa peran pajak dalam revolusi industri sangat penting sekali.” Ujar pemateri yang juga merupakan dosen UNAIR, UMM, dan UB tersebut.

Kuliah umum Program Studi Akuntansi tersebut diikuti oleh sekitar 422 mahasiswa fakultas ekonomi. Ketua Program Studi Akuntansi, Risnaningsih, SE, MSA mengatakan senang acara kuliah umum tersebut dapat terselenggara dengan baik dan meriah. Dengan adanya kuliah umum tersebut, Ia berharap mahasiswa dapat mendapatkan pencerahan dan wawasan yang lebih luas terkait keilmuan di bidang Ekonomi khususnya Pajak Negara. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*