HIMAGRI STUDI BANDING KE SOLO-JOGJA

Guna meningkatkan profesionalisme mahasiswa Agribisnis dan memperluas pandangan dalam menghadapi pertanian di era globalisasi, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI) Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang mengadakan kegiatan Studi Banding di Solo dan Jogja, (7-9/5).

Mengambil tema “Share, Exchange, Expand (SEE)”, acara ini bertujuan untuk berbagi ilmu, bertukar pengalaman dan memperluas wawasan mahasiswa di beberapa tempat di Solo dan Jogja diantaranya Desa Wisata Umbul Ponggok, Wisata Edukasi Omah Salak Sleman Yogyakarta, Bakpia Pathok, UPT Balai Benih Padi Pertanian, hingga ke Prambanan.

Pembina HIMAGRI, Ahmad Yusuf Kholil, S.P., M.Agr mengatakan agenda tahunan Himpunan tersebut terselenggara dalam 3 hari 1 malam dan diikuti oleh sekitar 120 mahasiswa. “Selain mahasiswa, beberapa dosen yang ikut mendampingi ada saya, KPS Agribisnis Ninin Khoirunisa S.P. M.P, Ir. Said Masduki, MS, dan Ana Arifatus Sa’diyah, SP., MP.” Tambah beliau saat ditemui di ruang KPS.

Perjalanan studi banding di Solo-Jogja tersebut mendapat respon positif dari instansi yang didatangi serta mahasiswa UNITRI yang mengikuti kegiatan tersebut. Pemilihan tempat tersebut dikarenakan program studi juga ingin mengenalkan berbagai jenis pengembangan agrobisnis di Solo dan Jogja. Seperti di UPT Balai Benih Padi Pertanian, mahasiswa diberikan pengajaran tentang bagaimana mencari benih yang baik hingga pemasaran terhadap petani. Mahasiswa juga diajak ke tempat pembuatan Bakpia Pathok dan mengenal bagaimana pemasaran Omah Salak.

Ahmad Yusuf Kholil, S.P., M.Agr menambahkan, Ia berharap acara semacam ini dapat terus diadakan di tempat-tempat yang lebih memberikan pengetahuan kompetensi mahasiswa Agribisnis. “Semoga acara ini juga dapat merangsang mahasiswa untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan atau mengembangkan usaha-usaha yang ada di Indonesia.”

Sementara ketua umum HIMAGRI, Ary berharap dengan adanya acara ini, generasi muda akan mampu bersaing menghadapi pergolakan agribisnis di era globalisasi. “disana kami juga bertemu dengan pengurus wilayah empat dan tiga perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (POPMASEPI),  Semoga ini juga menjadi sarana silaturahmi mahasiswa Agribisnis.” (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*