HEBAT: MAHASISWA FP UNITRI DAN FT UNITRI MENANG LOMBA DESAIN RUMAH MAKAN NUSANTARA

Prestasi kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi [UNITRI] Malang. Kali ini 2 Mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil dan 5 Mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Arsitektur Lanskap berhasil memenangkan lomba desain Rumah Makan Nusantara. Rabu [22/01], perwakilan kedua tim hadir untuk menerima hadiah juara I dan II langsung dari Wakil Rektor II Unitri, Dr Ir Sumarno, MMA.

Adapun penerima juara I lomba desain diterima oleh Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Unitri atas nama Rizki Raditiya dan Bagas Setiawan. Sementara penerima juara II lomba desain diterima oleh Fakultas Pertanian Program Studi Arsitektur Lanskap atas nama Nugroho Adhi Santoso, Wanda Andika Pratama, Rezza Panjaitan, Agustinus Luan, dan Ade Rohan. Berhasil mengaplikasikan konsep kerajaan Majapahit dalam desain Rumah Makan Nusantara yang diciptakannya, kedua peserta diapresiasi Warek II Unitri.

“Tribhuwana mempunyai mahasiswa, dosen pembimbing, ataupun mata kuliah yang lain yang bisa mengembangkan kualitas mahasiswanya secara keilmuan dan bisa diaplikasikan dalam bentuk nyata. Saya memberikan apresiasi yang luar biasa karena mahasiswa dengan keadaan yang sangat minim peralatan hingga pengetahuan tetapi masih bisa mendesain suatu gambar yang luar biasa. Ini nanti bisa dikembangkan ke dunia yang lebih besar, tidak hanya sekedar tentang restoran atau warung tetapi juga ke bangunan-bangunan yang luar biasa juga.” Ungkap beliau kepada Humas.

Seperti disampaikan, penilaian lomba desain bergantung pada beberapa aspek seperti project, rumitnya desain pengerjaan, hingga target pelaksanannya. Misalnya pengambilan gambar desain rumah makan nusantara, disitu telah tercantum bagaimana model rumah, taman, lanskapnya, yang sesuai dengan konsep nusantara.

Perwakilan Juara I Fakultas Teknik, Rizki Raditiya menjelaskan, timnya telah berusaha untuk membuat desain sesuai dengan konsep. Ia mengawali proses lomba dengan melakukan survey ke lokasi dengan di dampingi dekan Fakultas Teknik dan kemudian berkumpul dengan tim mendiskusikan desain. Lomba desain Rumah Makan ini cukup menarik mengingat didalamnya juga ada beragam jenis tempat usaha lain seperti Wedding, Guest House, mini waterpark, dan edukasi. Kesulitan tim terletak pada bagaimana menyamakan konsep dengan beragam jenis usaha tersebut agar terlihat cantik dan harmoni. Sementara perwakilan Juara II dari Fakultas Pertanian, Agustinus Luan menjelaskan, timnya lebih berfokus pada konsep Majapahit yang modern yang dapat dimasukkan ke dalam tiga zonasi yakni zona penginapan, kolam renang, dan wisata. Ia dan tim mengaku senang dapat memenangkan lomba ini karena hal ini merupakan bidang keahlian mereka yang dapat diaplikasikan di dunia kerja nanti.

Warek II Unitri menambahkan, mungkin saat ini yang bisa berpartisipasi adalah Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Kedepan Ia beharap fakultas lain dapat ikut berpartisipasi dengan prestasi yang bisa dikembangkan sehingga ada reward nilai jual yang bisa diberikan.

“Unitri punya banyak peluang. Selain karena kita memiliki mahasiswa dari seluruh daerah di Nusantara sehingga mereka punya ciri khas yang berbeda-beda, ini akan kita gabungkan dan kembangkan menjadi suatu model pembelajaran yang lebih terarah. Semoga mahasiswa lain dapat memacu kreatifitasnya di bidang keahliannya.” Tutup beliau [HUMAS]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*