GELAR SHORT COURSE, PRODI ARSITEKTUR LANSKAP UNITRI DAMPINGI PERSIAPAN SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI DALAM LKS

MALANG – Program Studi Arsitektur Lanskap Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan short course bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Rabu dan Kamis (7-8/04). Dalam kesempatan tersebut, peserta berasal dari SMK Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri yang secara khusus membawa 4 siswa berprestasi di bidang LKS untuk mendapatkan ilmu dan pendampingan dari dosen program studi Arsitektur Lanskap UNITRI.

Kepala Program Studi Arsitektur Lanskap UNITRI, Rizki Alfian, S.Sarl., M.Si menjelaskan, selama dua hari kegiatan short course, para peserta akan diberikan materi terkait perancangan desain, konstruksi hingga pemeliharaan lanskap. Dengan fasilitas yang dimiliki, program studi berusaha memaksimalkan kegiatan short course sesuai dengan kebutuhan.

“kita memiliki laboratorium menggambar, laboratorium tanaman dan tidak lama lagi kita juga punya lahan praktek. Jadi kita berusaha memaksimalkan sekaligus juga kita sosialisasi laboratorium kita kepada peserta pelatihan.”

Meski baru digelar perdana, short course ini direncanakan akan terus dilakukan dengan menggandeng beberapa pihak selain SMK seperti dinas pertanahan dan perumahan Kawasan pemukiman, yang secara khusus memang pernah meminta kepada program studi untuk diberikan pelatihan yang sama.

Seperti diketahui, Program studi Arsitektur Lanskap UNITRI memang sudah cukup lama menjadi pendamping dan juri dalam kegiatan LKS tingkat provinsi dan nasional. Sejak tahun 2016, prodi pun telah mendampingi beberapa SMK di daerah hingga berhasil menjadi juri di tingkat kabupaten hingga provinsi. Karenanya, banyak sekolah yang ingin menitipkan siswanya untuk di bina dan di bimbing oleh UNITRI.

“Alhamdulilah pada saat kita sudah menggapai fase dipercaya menjadi juri ditingkat provinsi itu, akhirnya banyak sekolah yang ingin menitipkan siswanya ke UNITRI untuk di bina, di bimbing dan diberikan arahan untuk persiapan lomba LKS.” Imbuh Rizki Alfian, S.Sarl., M.Si

Sebagai Universitas yang memiliki satu-satunya program studi Arsitektur Lanskap di Jawa Timur, UNITRI sangat berpeluang untuk membantu siswa-siswi SMK untuk meraih prestasi di bidang Lanskap. Karenanya, melalui kegiatan short course ini, diharapkan UNITRI dapat memenuhi harapan pihak SMK di Jawa Timur dan juga memenuhi kewajiban Lembaga dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dosen dapat menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mahasiswa juga dapat saling bersinergi antara teman-teman di SMK dan Program studi.” Tambahnya.

Salah satu pengajar dari SMK Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri, Alfu Naharuk Rojiki berterima kasih kepada program studi Arsitektur Lanskap UNITRI karena bersedia membimbing putra-putrinya dalam short course selama dua hari ini.

“Alhamdulilah kita mendapatkan banyak pengalaman, ilmu baru terkait landscape dan gardening. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat bagi anak-anak dan juga sekolah kami.”

Ia berharap setelah kegiatan ini, pihak SMK Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri dan UNITRI masih dapat menjalin Kerjasama yang lebih baik lagi. Dalam kegiatan short course ini, SMK Negeri 1 Plosoklaten membawa 4 siswa yang terdiri dari dua siswa kelas XII dan dua siswa kelas XI dan didampingi dua orang guru. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*