FAKULTAS TEKNIK UNITRI SUKSES GELAR SEMINAR INTERNASIONAL


Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) sukses menggelar International Seminar on Sustainable Infrastructure Development, Rabu (3/7) di Ruang Sidang Lantai 2 Rektorat Unitri. Acara yang bekerjasama dengan Universitas Narotama, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Inkindo, Intakindo, Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (MASKA) dan Surabaya TV tersebut menghadirkan narasumber yakni Prof. Dr Mohd Idrus Bin Mohd Masirin dan Prof. Madya Ts Dr Mohd Haziman Bin Wan Ibrahim dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Prof. Madya Dr Mohd Fadzil Bin Arshad dari Universiti Teknologi Mara (UITM), Endang Noer Hartati MP selaku Wakil Rektor I Universitas Wijayakarta Surabaya (UWKS), Dr Nawir Rasidi dari Unitri, dan Dr Sri Wiwoho Mudjanarko Wakil Rektor III Universitas Narotama Surabaya.

Materi pertama diberikan oleh Prof. Madya Ts Dr Mohd Haziman Bin Wan Ibrahim yang berisi pengenalan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Selanjutnya materi kedua diberikan oleh Prof. Dr Mohd Idrus Bin Mohd Masirin yang berisi motivasi dalam penulisan jurnal internasional yang terindeks scopus. Materi ketiga diberikan oleh Prof. Madya Dr Mohd Fadzil Bin Arshad dari Universiti Teknologi Mara (UITM) mengenai Green Technology yang dikembangkan di Malaysia seperti Stra Bales, Grasscrete, Ramed Earth, Hemp Crete, Recycled Plastic. Dan materi terakhir kembali diberikan oleh Prof. Madya Ts Dr Mohd Haziman Bin Wan Ibrahim mengenai tips dan trik dalam kepenulisan jurnal internasional yang terindeks scopus. Mereka membuka diri apabila ada tawaran join Riset antara dosen UNITRI dengan UTHM dan Universitas Mara dalam kepenulisan jurnal Internasional terindeks Scopus.

Ketua pelaksana kegiatan, Galih Damar Pandulu, S.T., MT menjelaskan adapun agenda seminar internasional ialah pemberian motivasi para narasumber untuk join riset penelitian bagi dosen serta menawarkan beberapa penelitian green technology atau recyling yang telah dilakukan narasumber di instansi masing-masing. “selain itu, ada juga tawaran bagi instansi UNITRI untuk kerjasama beasiswa dan student exchange.”

Sementara itu, Dekan sekaligus pemateri kegiatan, Dr Nawir Rasidi menjelaskan, tujuan dari acara ialah membangun relasi yang kuat dengan universitas lain khususnya di Luar Negeri. Selain agar dapat bekerjasama di bidang pengembangan sumber daya manusia, Nawir berharap dapat membantu mengembangkan infrastruktur penelitian masing-masing instansi dan pengabdian kepada masyarakat. Karenanya, pada kesempatan tersebut, fakultas teknik juga telah melakukan penandatanganan letter of Agreement for Academic Cooperation dengan seluruh instansi narasumber.
“kerjasama yang kami sepakati diantaranya joint research and publication, cooperative training projects, delivery of annual lectures, dan academic information exchange.” Lanjut Dr Nawir saat ditemui Humas.
Seminar yang di hadiri oleh seluruh jajaran rektor, dekan, dan mahasiswa fakultas teknik ini terlaksana dengan cukup meriah. Antusias seluruh peserta yang hadir terlihat sejak awal seminar dibuka sampai seluruh narasumber menyampaikan materinya. Terakhir, acara tersebut ditutup dengan foto bersama dan penandatangan kerjasama dari UTHM dan Fakultas Teknik Unitri. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*