FAKULTAS TEKNIK UNITRI GELAR INTERNATIONAL GUEST

Guna mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi industri 4.0 serta berkemampuan digital, Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) menggelar International Guest Lecture bertemakan ‘Virtual 3D Building Information Modelling’, Selasa (29/10). Bertempat di Ruang Sidang Rektorat Lantai 2 Unitri, acara tersebut menghadirkan empat narasumber diantaranya Assoc.Prof.Dr.Zalina Zulfikli (Computing Department Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia), Prof.Madya Ir.Dr.Abd Kadir Bin Mahamad (Department of electronics Engineering Universiti Tun Husein Onn Malaysia), Prof.Madya.Dr.Wahyu Mulyo Utomo (Electrical Engineering Department Universiti Tun Husein Onn Malaysia), dan Dr Nawir Rasido, ST. MT (Dean Faculty of Engineering Tribhuwana Tunggadewi University).

Ketua pelaksana kegiatan yang juga sekaligus Kepala Program Studi Teknik Sipil, Handika Setya Wijaya, S.Pd., MT menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mengenalkan software Building Information Modeling (BIM) kepada mahasiswa. Selain karena melalui software ini pengerjaan projek di bidang Arsitektur, Engineering dan Konstruksi (AEC) akan lebih tersimulasikan dalam model 3 dimensi, keuntungan mempelajari software ini dapat digunakan saat bekerja di berbagai industri teknik.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Dr. Ir. Sumarno, MMA menambahkan, Unitri sebagai kampus kerakyatan terus berusaha mewujudkan penyesuaian pendidikan di tengah perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat.

“Tanpa mengikuti perubahan, kami akan sangat sulit untuk bersaing. Kegiatan semacam itu juga kita lakukan untuk mengupayakan implementasi ilmu yang didapat langsung dengan praktik,” ujarnya.

Dengan adanya empat narasumber dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat berdiskusi dan menggali ilmu dari negeri jiran terkait software dan pengaplikasiannya di bidang AEC. Seperti dikabarkan, Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut juga diikuti dengan penandatangan MoU dari Unitri dengan Universiti Tun Husein Onn Malaysia dan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*