DUKUNG DESA WISATA: PSLH DAN PSMEP UNITRI BERIKAN 650 BIBIT BUAH KEPADA DESA PANDESARI

Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang melalui PSLH (Pusat Studi Lingkungan Hidup) dan PSMEP (Program Studi Magister Ekonomi Pertanian) melakukan kegiatan dengan memberikan 600 bibit buah jambu dan 50 bibit buah sirsat dari BPDASHL (Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung) wilayah Jawa Timur  kepada kepala Desa wisata Pandesari, Kecamatan Pujon, Sabtu (24/02).

KPS MEP UNITRI, Agnes Quartina P, Dr. Ir. MP mengatakan, pemberian bibit tersebut bertujuan guna untuk membantu masyarakat desa menciptakan desa wisata petik buah yang menjadi tujuan utama . Selain itu, program ini tercetus atas keinginan desa. “BPDASHL dalam hal ini memiliki berbagai macam bibit tanaman yang siap untuk disalurkan seperti saat ini. Kami, pada hari ini membawa sebanyak 600 bibit buah jambu dan 50 bibit buah sirsat. Nanti untuk perawatannya, kami pasrahkan ke desa mau ditanam dimana.” Ungkap beliau kepada Humas.

Sementara itu, kepala desa Pandesari, H. Lukman Hakim, S.Pdl dalam sambutannya mengatakan, pihak desa sangat terbantu dengan adanya bibit tanaman tersebut. Desa Pandesari memiliki rencana untuk menjadi desa wisata petik buah dan melalui program ini, pihak desa optimis dapat mewujudkan impian tersebut. “Saya selaku kepala desa berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Kami sangat berharap, kami dapat memanfaatkan bibit tersebut untuk penghijauan dan mempersiapkan desa wisata petik buah yang sudah kami rencanakan. Kami akan tanam bibit tersebut di dekat jalan atau diwilayah sekitar. Senang sekali bisa diberikan bibit sebanyak ini.” Tambah kepala Desa Pandesari.

Seperti diketahui, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) diwakili oleh Sri Handayani, Dr. Ir., MP dari PSLH (Pusat Studi Lingkungan Hidup), Agnes Quartina P, Dr. Ir. MP dari PSMEP (Pusat Studi Magister Ekonomi Pertanian), dan Wirawan, STP., MMA selaku Ketua Pelaksana KKN ke-XXX memberikan bantuan 650 bibit terbaik kepada Desa Pandesari. Penyerahan bibit buah tersebut dilakukan bersamaan dengan  program penghijauan dan pelatihan  desa wisata Pandesari Kecamatan Pujon. Dalam acara tersebut, Sri Handayani sekaligus memberikan materi terkait pengolahan buah Jambu dan Sirsak untuk aneka ragam hidangan. Selanjutnya, dosen UNITRI dan perangkat desa bersamaan menanam bibit Jambu di lahan yang telah disediakan. Acara yang berlangsung di balai desa Pandesari tersebut, dihadiri oleh seluruh perangkat desa, lembaga-lembaga desa, kepolisian, tokoh masyarakat, kader  dan PKK, serta perwakilan kelompok KKN di desa Pandesari.  (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*