DOSEN PAI UNITRI DILANTIK MENJADI KOORDINATOR WILAYAH DPW ADPISI JATIM 2018-2023

Salah satu dosen Pendidikan Agama Islam ( PAI) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Muhammad Fauzy Emqi, M.Pd.I dilantik menjadi Koordinator Wilayah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (ADPISI) Jawa Timur, Kamis (29/11) di Aula LP3, Gedung H8, Universitas Negeri Malang (UM). Acara tersebut bertepatan dengan kegiatan Sarasehan Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Se-Jawa Timur dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama (P2KB) LP3 Universitas Negeri Malang (UM) bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam (ADPISI) Jawa Timur.

Muhammad Fauzy saat ditemui Humas mengatakan, pelantikan 51 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (ADPISI) Jawa Timur tersebut dilakukan oleh Ketua Umum DPP ADPISI, Dr. Aam Abdussalam.

“Kami dilantik untuk periode kepengurusan pada 2018-2023. Kami memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugas dengan baik dan sungguh-sungguh, serta mengantarakan dosen-dosen pendidikan agama Islam di Wilayah jawa timur menjadi dosen-dosen profesional dan kompeten.” Ucap Fauzy.

Fauzy menambahkan, di bawah kepemimpinan Dr. Yusuf Hanafi,M.Fil.I diharapkan organisasi ini akan menjadi asosiasi yang lebih baik, maju dan berkualitas dengan program kerja yang dimilikinya. Untuk itu, rapat kerja dengan agenda penysunan program kerja pertahun dan program kerja selama 5 tahun kedepan langsung dilaksanakan pasca pelantikan dilakukan.

Dipimpin oleh Ketua DPW ADPISI yang baru yakni Dr. Turhanyani, yang rapat menghasilkan beberapa masukan yakni seperti peningkatan publikasi ilmiah di jurnal terindeks, peningkatan rekrutmen dosen PAI PNS, melakukan sinergi dengan instansi pemerintah wilayah terutama Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur yang memiliki program pelatihan guru PAI di sekolah, pembahasan MTQ Regional Jawa Timur, serta beberapa masukan lain yang kemudian dituangkan dalam program kerja DPW ADPISI sekaligus akan menjadi pertimbangan kegiatan di Direktorat PAI di PTU Kementerian Agama RI.

Selain acara pelantikan dan rapat kerja, kegiatan lain yang diselenggarakan ialah sarasehan bertema “Tantangan Pendidikan Agama di Era Revolusi Industri 4.0”, yang dihadiri oleh dosen PAI seluruh Jawa Timur dan menghadirkan pemateri dari Universitas Pendidikan Indonesia yang juga sekaligus Ketua DPP ADPISI, Dr. H. Aam Abdussalam, M.Pd dan Dr. Andy Hadiyanto, M.A dari Universitas Negeri Jakarta selaku Sekjen DPP ADPISI.

Kedua pemateri membahas tentang peran pendidikan Agama dalam membangun harmoni kehidupan dan Formulasi Pendidikan Agama Multikultural berbasis kearifan lokal.

Seperti diketahui, selain menjadi dosen Pendidikan Agama Islam di Unitri, Muhammad Fauzy Emqi, M.Pd.I. juga menjabat sebagai Subbag Pengembangan sistem pembelajaran LP3. Dengan dilantiknya Fauzi sebagai Koordinator Wilayah Dewan Pengurus Wilayah (DPW), maka Ia berharap dapat mengembang tugas tersebut hingga akhir masa jabatan dengan baik. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*