DOSEN FIP UNITRI LAKUKAN KEGIATAN ABDIMAS DI SDN PUJIHARJO KABUPATEN MALANG

Dalam rangka melaksanakan tugas tri dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNITRI lakukan Abdimas (Pengabdian Kepada Masyarakat) di SDN Pujiharjo Kabupaten Malang, Kamis (22/02). Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebagai salah satu fakultas yang ada di lingkungan UNITRI, memberikan bahasan mengenai pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memanfaatkan potensi alam sekitar dan berdiskusi dengan guru di tiga sekolah dasar yakni SDN Pujiharjo, SDN Pujiharjo 2, dan SDN Pujiharjo 3.

Hanif Fikri Bariska, S.Pd, M.Pd selaku pemateri pertama abdimas mengatakan, pemaparan hari ini berfokus pada konsep pembelajaran Student Center Learning (SCL) “guru di kelas dituntut harus mampu mendorong siswanya lebih aktif dalam pembelajaran sehingga guru hanya berfungsi sebagai fasilitator saja.” Sementara pemateri kedua, Antonius Alam Wicaksono S.Pd., M.Pd memberikan gambaran terkait desain pembelajaran SCL berbasis potensi daerah yang dimiliki dengan tujuan agar guru dikelas dapat merancang pembelajaran yang menarik.

Dalam kegiatan abdimas tersebut, 20 guru yang hadir juga dibekali dengan tugas membuat rancangan pembelajaran Student Center Learning (SCL) dengan pemanfaatan potensi alam desa Pujiharjo. Seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut hingga akhir acara.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. M. Rifa’i, SE., MM yang juga turut hadir dalam acara tersebut berharap, melalui pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) semacam ini, guru dapat mengembangkan pembelajaran berbasis Student Center Learning (SCL) dengan memanfaatkan potensi alam sekitar. “Kedepan, ini juga bisa sebagai sarana kerjasama di bidang pendidikan sehingga dapat memperbaiki sistem pendidikan di daerah.” Tegas Beliau kepada Humas.

Kegiatan Abdimas FIP di dukung oleh beberapa dosen yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Nathasa Pramudita Irianti, S.Pd., M.Pd, Farida Kusuma Astuti, S.Pt., M.P, Hariadi Darmawan, S.Pt., M.P., Rizki Aprilia Dwi Susanti, S.E., M.M., Kardiana Metha Rozhana, S.Pd., M.Pd., Zuni Mitasari, S.Pd., MPd., dan Hasminar Rachman Fidiastuti., S.Si., S.Pd., M.Pd (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*