DINSOS MALANG DAN KAPOLSEK LOWOKWARU BERI TIPS ADAPTASI DALAM DIALOG PUBLIK UNITRI

Kepala Dinas Sosial Kota Malang, Dr Sri Wahyuningtyas M.Si dan Kapolsek Lowokwaru kota Malang, Kompol Pujiyono menjadi pembicara dalam acara Dialog Publik yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (BEM UNITRI), Selasa (16/10) di GOR.

Dalam acara yang bertemakan “Cintai Dirimu, Cintai Lingkunganmu”, kedua pemateri tersebut dihadirkan untuk dapat berkesempatan menyampaikan sekaligus memberikan himbauan kepada mahasiswa UNITRI terkait dengan adaptasi lingkungan dan berdiskusi tentang permasalahan yang di alami mahasiswa semasa berada di lingkungan sosial.

Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr Agung Suprojo, S.Kom., M.AP dalam sambutannya menyampaikan, acara ini merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa UNITRI untuk berdialog dengan kepala Dinas Sosial dan Kapolsek Lowokwaru. Selama beradaptasi, mahasiswa UNITRI belajar menyesuaikan sikap dan komunikasi dengan lingkungan sekitar, agar dapat menciptakan lingkungan sosial bermasyarakat yang nyaman, aman, dan tentram. Meski demikian, mahasiswa diharapkan masih dapat beradaptasi lebih banyak.

“Mahasiswa dapat meningkatkan diri untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial karena sebagian besar budaya mahasiswa UNITRI sangat berbeda dengan budaya yang ada di malang. Untuk itu, kami mengundang kedua pemateri agar dapat bersama kami membangun rasa hormat dan cinta kepada sesama dalam membentuk lingkungan yang nyaman, aman, dan tentram.” Tegas Dr Agung Suprojo di hadapan 450 peserta.

Sementara itu, dalam acara yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan seluruh pengurus BEM UNITRI, kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang, Dr Sri Wahyuningtyas, M.Si memberikan tips dan trik beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Salah satunya adalah dengan mengajak mahasiswa baru UNITRI untuk melakukan kegiatan positif seperti bakti sosial. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, tolerasi, saling menghormati dan menambah sikap mencintai lingkungan sekitar.

“Saya ajak teman-teman mahasiswa baru untuk belajar mengaktualisasikan diri menjadi teladan. Dengan terjun langsung, mereka bisa menumbuhkan sikap toleransi ketika hidup bermasyarakat,” jelasnya

Sedangkan Kapolsek Lowokwaru Malang, Kompol Pujiyono memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk dapat menunjukkan sikap baik dan saling menghormati perbedaan. Ia mengajak mahasiswa untuk dapat berfikir dingin dalam menyelesaikan masalah dan selalu memegang Bhineka Tunggal Ika dalam beradaptasi dengan masyarakat. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*