DAPAT HIBAH BUKU, DOSEN FAKULTAS PERTANIAN UNITRI DAFTARKAN HAK PATEN

Malang- Berawal dari adanya pelatihan hibah buku yang diselenggarakan oleh UPT Penerbitan dan Jurnal Ilmiah (UPT PJI) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) di awal tahun 2020, membuat tiga dosen dari Fakultas Pertanian yakni Farah Mutiara, S.P., M.P, Ahmad Yusuf Kholil, S.P., M.Agr, dan Farida Kusuma Astuti, S.Pt., M.P terpacu dan semangat membuat sebuah buku ajar berjudul ‘Ekonomi Manajerial dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di bidang Pertanian’. Tak tanggung-tanggung, Buku pertama yang ditulis oleh ketiga dosen tersebut bahkan telah terdaftar hak cipta paten dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI).

Penulis pertama buku ini, Farah Mutiara, S.P., M.P saat ditemui bercerita tentang proses pembuatan buku yang memiliki ketebalan 51 halaman tersebut. Saat mengikuti pelatihan, Farah yang menjadi anggota ditantang untuk menulis draft buku sebelum bulan Februari. Bila sebelum bulan itu draft telah diterima tim UPT PJI UNITRI, peserta akan mendapatkan dana hibah untuk menerbitkan naskah. Beruntung, selama sebulan, Farah dan tim berhasil Menyusun buku ini dengan berbagai kesulitan yang dihadapi.

“Kalau kesulitan mungkin karena kesibukan masing-masing dosen setiap hari. Selain itu juga dalam proses menulis kami beberapa kali merevisi tulisan supaya lebih bagus. Alhamdulilah, kami bisa mengatasinya dan pada bulan Maret 2020, buku ini dapat terbit sesuai jadwal.”

Dengan mengambil topik Ekonomi Manajerial, buku ini memiliki keistimewaan khusus dibandingkan dengan buku ekonomi manajerial yang sudah ada. Farah menjelaskan, ada tiga kolaborasi keilmuan yang digunakan dalam buku tersebut mengingat penulis berasal dari rumpun ilmu Agribisnis dan Peternakan.

“Kami mengkolaborasikan ilmu diantaranya ekonomi manajerial yang saya ampuh, lalu ditambah topik manajemen strategi dan pengembangan yang diampuh pak Yusuf, dan topik UMKM yang diampuh bu Farida. Selain itu, kami juga menjelaskan terkait optimasi ekonomi, resiko, ketidakpastian, dan pengambilan keputusan, struktur pasar, kegiatan UMKM, strategi pengembangan, hingga UMKM di bidang pertanian.”

Sementara itu, berkaitan dengan Hak cipta paten yang didaftar untuk buku ini, Ahmad Yusuf Kholil, S.P., M.Agr menjelaskan rasa haru dan bangga atas pencapaian ketiga penulis untuk dapat menyelesaikan buku ini dan mendaftarkannya. Di bantu oleh Wirawan, S.TP., MMA dari tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ketiga penulis mendapatkan rasa percaya diri untuk mendaftarkan hak paten untuk buku ini. Kemudian, setelah mengumpulkan data selama seharian, 2-3 minggu setelahnya hak paten langsung diterima dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI). Yusuf berharap, buku ini dapat bermanfaat sebagai buku pegangan bagi mahasiswa.

“Bagi saya sendiri, saya sangat senang dengan hasil ini. Apalagi ini buku pertama yang juga pertama saya patenkan. Tentu nanti kami berharap buku ini dapat menjadi buku pegangan dan referensi untuk mahasiswa saat kuliah. Ini sebagai dasar dan nantinya tidak menutup kemungkinan kita akan membuat buku lagi sesuai dengan mata kuliah yang kamu ampu. Kebetulan mata kuliah kita ada hubungannya. Meskipun tidak satu kompetensi jadi kita kaitkan satu sama lain sehingga ilmu itu lebih luas lagi.”

Seperti diketahui, buku Ekonomi Manajerial dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di bidang Pertanian ini mengangkat beberapa kasus-kasus di bidang pertanian dan peternakan pada umumnya. Di dalamnya, dijelaskan bagaimana ekonomi manajerial, mengatur dan memutuskan keuangan atau tindakan di bidang keuangan.

Farida Kusuma Astuti, S.Pt., M.P sebagai penulis ketiga menambahkan, untuk rencana buku selanjutnya, Ia berharap dapat mengambil topik usaha-usaha peternakan di bidang peternakan. Hal ini mengingat saaat ini bisnis peternakan sedang melejit terutama yang berkaitan dengan produk dari petelur, ayam pedaging. Tim berharap buku-buku berikutnya akan lebih banyak di kerjakan dan di buat sehingga besar kemungkinan akan banyak kolaborasi menulis buku yang dilakukan lagi. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*