BERKARYA LEWAT FOTO, UKM X-FLASH UNITRI GELAR PASCA ORPIS ANGGOTA MUDA KE-XIV

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi X-Flash Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar pameran pasca Orientasi Pendidikan Dasar (ORPIS) anggota muda ke-XIV, Jumat-Minggu (12-14/04) di Graha Utomo UNITRI. Tahun ini pameran pasca orpis mengambil tema Bidik Mi.Si.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Benikus F. Linggo menjelaskan tema ini diambil dari kata bidik yang berhubungan dengan lensa kamera dan misi yang berarti tujuan. Panitia berharap para anggota dapat mengambil tugas sesuai dengan misi dan mewujudkan hal tersebut dalam sebuah karya foto. Sehingga, dari persiapan yang berjalan selama sebulan tersebut, anggota berhasil menampilkan 16 karya foto yang saat ini dipamerkan.

“Tahun ini ada 16 karya foto dari anggota baru angkatan 2018. Sementara jenis karya foto yang ditampilkan diantaranya arsitektur, Human Interest , dan Still Life” tegasnya.

Salah satu pemilik foto Still Life, Rudy Hartanto menjelaskan, ia sengaja mengambil judul penolong untuk karya fotonya. Ia ingin menggambarkan bagaimana perjuangan menolong teman yang terluka, agar dapat tercipta rasa kebersamaan yang digapai sampai ke puncak gunung. Lewat simbol korek api yang memiliki makna sesuai dengan konsep foto yang dibidik. Sementara foto lainnya milik Anastasia Fani Yanti WT mengambil konsep Human Interest untuk pameran kali ini. Kedua mahasiswa ini baru kali ini berani menampilkan hasil fotonya di sebuah pameran.

Sebelum pameran, selama sebulan seluruh anggota muda telah mendapatkan bimbingan materi terkait pengenalan foto seperti body kamera, setting, jenis foto, basic dalam foto hingga melakukan hunting ke beberapa tempat. Pameran ini menjadi bagian yang penting bagi anggota muda untuk dapat mempraktekkan ilmu dilapangan.

“Harapannya, mereka bisa mendalami atau fokus ke satu bidang. Mungkin sekarang lewat pameran ini mereka masih menerka nerka. Setelah ini, masih ada dikjut (Diklat lanjutan) setelah libur semester atau awal semester depan.” Lanjut Benikus kepada Humas.

Pameran Pasca Orpis anggota Muda ke-XIV akan digelar selama tiga hari dengan acara pameran foto pada 12-13 April 2019 dan ditutup dengan kegiatan sarasehan bersama 16 anggota Forkom dari seluruh Universitas di Kota Malang pada 14 April 2019. Melalui sarasehan nanti, ke 16 karya foto yang dipamerkan akan dipertanggung jawabkan dihadapan para peserta sarasehan dan diadakan diskusi seputar dunia fotografi. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*