BERIKAN MOTIVASI UNTUK MAHASISWA BARU, DIKLAT HIMATIP UNITRI UNDANG ENTERPREUNER SUKSES MALANG


Untuk memberikan bekal dan motivasi di bidang wirausaha kepada mahasiswa baru Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI), Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMATIP) menggelar diklat enterpreneur, Sabtu (21/9) di Ruang Hayam Wuruk Unitri. Dalam Kegiatan ini, mahasiswa baru TIP diharapkan dapat lebih terpacu untuk menciptakan peluang usaha sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha.

Seperti diketahui, kegiatan diklat Himatip diikuti oleh sebanyak 69 mahasiswa baru dan menghadirkan berbagai narasumber berpengalaman di bidang wirausaha seperti Moh Abdul Gafur dari Ayam Nelongso. Selain materi wirausaha, mahasiswa juga diberikan bekal organisasi dari IMTPI, FORAGRIN, dan IMAPELA serta mendapatkan tugas presentasi sesuai dengan tema diklat hari ini

Kepala Program Studi TIP, Lorine Tantalu S.Pi., M.Sc., MP menjelaskan “Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan membina karakter mahasiswa baru ditengah industri 4.0. Kita berusaha meningkatkan atau menumbuhkan karakter kewirausahaan khususnya di bidang Teknologi Industri Pertanian. Kemudian dari segi mahasiswanya kami agar supaya mereka dapat lebih meningkatkan prestasi di bidang kewirausahaan.”

Lanjut Lorin menjelaskan, “ia beharap selain mendapatkan mata kuliah dalam proses belajar mengajar, tetapi juga mendapatkan tambahan kompetensi seperti Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dimana isinya adalah prestasi-prestasi mahasiswa. Mahasiswa juga dapat memiliki ide-ide dan berupaya menjadi pengusaha dan memberikan peluang kerja”, tutupnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Dr Wahyu Mushollaeni, S.Pi., MP menambahkan, “Tema ini sesuai dengan jargon Unitri dalam hal kemahasiswaan yakni Berdikari. Salah satu diantaranya adalah caracter building atau pembentukan karakter yang pada setiap Himpunan dijadikan program kerja yakni Diklat Ruangan maupun Luar Ruangan. Belajar berwirausaha juga dibimbing sejak nol ketika mahasiswa mendapatkan bimbingan berwirausaha dan mendapatkan motivasi. Target dari kami mahasiswa dapat memanfaatkan materi yang ada pada diklat sehingga nanti dapat mengaplikasikannya di lingkungan masyarakat.” Tandasnya. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*