BERI SEMANGAT MAHASISWA AKHIR, FIKES UNITRI GELAR WEBINAR

Malang- Berangkat dari beragam masalah yang dirasakan oleh mahasiswa di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar Webinar mini sharing bertemakan “Mengakhiri Masa Studi Sarjana Secara Efektif Di Masa Pandemi Covid-19′. Di gelar melalui aplikasi zoom dan youtube, webinar ini dilaksanakan pada Sabtu(27/07).

Dalam webinar tersebut, dua pemateri yang dihadirkan diantaranya Sirli MT, S.Kep., N.s.,M.Kep dan Nia Lukita A, S.Si., M.Sc. Pemateri pertama membahas terkait ‘Penerimaan Perubahan metode tugas akhir dan wisuda dimasa pandemi covid-19’ dan pemateri kedua membahas terkait ‘Pemanfaatan media online dalam pengumpulan data penelitian di masa pandemi COVID-19’. Webinar berkonsep lebih santai dan berbicara terkait topik tersebut.

Salah satu pemateri webinar, Nia Lukita A, S.Si., M.Sc. mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat tiga dosen yakni Nia Lukita A, S.Si., M.Sc, Sirli MT, S.Kep., N.s.,M.Kep, dan Pertiwi Perwiraningtyas, S.Kep., Ns., M.Kep dari Fakultas Ilmu Kesehatan UNITRI. Di biayai dari dana hibah, kegiatan ini diharapkan dapat melihat beragam masalah mahasiswa terutama mahasiswa akhir yang akan dan sedang melakukan penelitian.

“Kita berpikir, berangkat dari masalah mahasiswa ketika masa pandemi, banyak mahasiswa yang merasa syok dan kemudian banyak dari mereka yang tidak bisa melanjutkan tugas akhirnya. Dari situ makanya kami membuat judul mengakhiri masa studi dengan efektif “. Ungkapnya.

Nia pun menambahkan ada 2 topik yang dibahas diantaranya yang pertama yaitu dari segi mental atau dari segi kejiwaan mahasiswa saat menerima kenyataan ini. Topik selanjutnya yakni training kecil dan pengisian kuisoner google form. Hal ini mengingat kondisi pandemi yang menyebabkan mahasiswa tidak bisa turun langsung melakukan penelitian.

“Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menggunakan google form. Namun yang menjadi kendala yaitu banyak mahasiswa yang belum paham cara penggunaan google form sehingga tadi sudah dijelaskan”

Dari hasil kuesioner, mahasiswa merasa lebih percaya diri untuk melanjutkan tugas akhir dan pengetahuan mereka tentang google form juga bertambah sehingga mahasiswa merasa lebih yakin melakukan penelitian dimasa pandemi. Nia juga berpesan agar mahasiswa tetap semangat dan tidak menjadikan kondisi ini sebagai penyebab untuk tidak melanjutkan studi. Adapun yang ikut dalam kegiatan webinar tersebut sebanyak 130 mahasiswa dari berbagai program studi di UNITRI maupun di luar UNITRI. Kegiatan tersebut berjalan cukup lancar. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*