BERI PEMAHAMAN KEGAWATDARURATAN, HMKEP GELAR SEMINAR NASIONAL

Departemen Pendidikan, Pelatihan Dan Penalaran (P3) Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HMKEP), Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berhasil melaksanakan acara Seminar Nasional Kegawatdaruratan bertema “Emergency Management Of Acute Coronary Syndrome”, Sabtu (21/4). Acara yang bertempat di Gedung Serbaguna (GOR) UNITRI tersebut dihadiri oleh 150 peserta dan mendatangkan pemateri dari koordinator pelayanan keperawatan IGD RSUD DR. Saiful Anwar Malang, Purwoko Sugeng Harianto S,kep.Ns.,M.Kep  dan pemateri dari department of Emergency Medicine Dosen FK Universitas Brawijaya Malang, Dr. Ali Haedar, Sp. EM.

Maria T. Loi Lewa, ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa acara tersebut sengaja dihadirkan untuk memberikan gambaran kepada peserta khususnya mahasiswa Keperawatan terkait materi Nursing Management ACS (Acute Coronary Syndrome). “Tema ini penting karena mahasiswa keperawatan memang haruslah memiliki bekal ilmu kegawatdaruratan sehingga nanti ketika bekerja mereka tidak akan merasa kesulitan.”

Pada acara tersebut, pemateri pertama, Purwoko Sugeng Harianto S,kep.Ns.,M.Kep yang dimoderatori oleh Pandu Arif Wicaksono menjelaskan dalam paparannya, Nursing Management ACS banyak lakukan di beberapa kasus yang terjadi di masyarakat. Sementara pemateri kedua, Dr. Ali Haedar, Sp. EM yang dimoderatori Arie Jefri Ka’arayeno, M.Kep., Sp.Kep.MB menjelaskan mengenai  tata laksana terkini pada Acute Coronary Syndromes And Trombolitics. Menurutnya, hal yang paling penting dalam kegawatdaruratan adalah kapan kita bisa mencurigai pasien tersebut mengalami ACS dan apa yang harus kita lakukan sebagai tenaga kesehatan.

Acara yang berlangsung dengan meriah tersebut menghadirkan tamu istimewa diantaranya Mikael Mahore selaku Ketua HMKep, Marianus Rawa Tamba selaku Ketua BEM UNITRI, Dr. Agung Suprojo,S.kom.,MAP selaku Kabiro kemahasiswaan, Seluruh dosen dan staf Fakultas Kesehatan UNITRI dan Drs. Sugeng Rusmiwari, M.,Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan yang sekaligus membuka acara Seminar Nasional Kegawatdaruratan. (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*