BELAJAR MENGENAL BUDAYA LEWAT PARADE BUDAYA NUSANTARA UNITRI

Acara Tahunan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) yang bertajuk Parade Budaya Nusantara, tahun ini adalah kali kelima diselenggarakan oleh UNITRI, sabtu (5-6/3). Kemeriahan acara yang menampilkan beragam budaya dari sabang hingga maraoke Indonesia tersebut bahkan masih menjadi cerita tersendiri bagi penonton dan panitia. Sebanyak 57 kelompok dari berbagai Organisasi Daerah (ORDA) ikut meramaikan kegiatan.

“Seluruh peserta yang ikut akan menampilkan berbagai macam baju adat dan kebudayaan masing-masing ORDA. Selain itu, HMJ dan UKM juga mengikuti parade.” Ujar Ketua Panitia, Dr. Agung Suprojo, S.Kom., MAP menambahkan.

Parade Budaya Nusantara memang tidak hanya menjadi ajang saling belajar mengenai budaya masing-masing daerah. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, juga menyajikan 28 kuliner yang ada di stand ORDA, menampilkan pertunjukan kesenian lokal kuda lumping Turonggo Tas Entos Mbegedut Rampak Baring, dan acara Wayang Kulit dengan dalang pelajar dan sinden pelajar dari sekolah dasar.

Dr. Agung Suprojo, S.Kom.,MAP menambahkan kegiatan ini merupakan wujud bukti bahwa UNITRI memberikan media untuk mengaktualisasi bakat kebudayaan yang digeluti mahasiswa dan juga mendukung pelestarian budaya di kalangan remajas SD, SMP, dan SMA.

Kegiatan yang diadakan di seluruh sudut di Kampus UNITRI tersebut, disaksikan tidak hanya oleh mahasiswa melainkan dari warga yang mengaku senang dengan acara tersebut. Terlebih setiap tahun, parade budaya nusantara juga memberangkatkan pawai baju adat dan kesenian daerah yang diarak dari jam 08.00 pagi tersebut. Selain itu, kibaran Bendera Merah Putih berukuran besar juga menjadi simbol bahwa UNITRI mencintai Indonesia. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*