BEGINI HASIL UKOM NERS UNITRI

Malang – Sebanyak 136 Firsttaker rmaupun Retaker asal Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengikuti Uji Kompetensi (UKOM) Bidang Kesehatan pada bulan Juli 2020 yang lalu. Bila tahun sebelumnya UKOM dapat digelar selama tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Oktober dalam setahun, tahun ini UKOM baru dilaksanakan 1 kali, yaitu dilaksanakan pada awal bulan Juli 2020. UKOM dilaksanakan dengan metode computer base test (CBT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Ners FIKES UNITRI, Rachmat Chusnul Choeron, Ns., M.Kep menjelaskan, Uji kompetensi adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, ketrampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai standar profesi. UKOM adalah suatu ujian nasional yang memang sengaja disusun oleh pemerintah untuk standarisasi kompetensi perawat.

“Mahasiswa yang telah mengikuti yudisium Ners perlu mengikuti uji kompetensi (UKOM) agar dapat mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap tenaga Kesehatan yang dipelajarinya selama ini supaya bisa sesuai dengan standart profesi ners.”

Pada awalnya, UNITRI mengikutsertakan 143 peserta dalam UKOM tersebut, akan tetapi ada beberapa kondisi sehingga 7 peserta mengundurkan diri pada program UKOM tersebut. Angka ini, disebut Rachmad meningkat dari tahun sebelumnya.
“Alhamdulilah meningkat dari tahun sebelumnya dimana kita sempat turun di periode akhir tahun 2019, tapi untuk tahun 2020 ini kita mulai naik lagi. Mudah-mudahan nanti bulan oktober nanti bisa lebih baik lagi.” Ujarnya.

Dari data tersebut, diketahui pula bahwa secara keseluruhan sebanyak 57% peserta lulus atau berpredikat “Kompeten“ sedangkan untuk Firsttaker sebanyak 66% peserta Lulus/Kompeten. Seperti diketahui bahwa Retaker merupakan mahasiswa yang pernah ujian namun mengulang UKOM sementara Firsttaker ialah yang pertama kali ikut dan berhasil lolos UKOM. Rachmad menargetkan, Oktober nanti UNITRI dapat meluluskan 80% resteker dalam Uji Kompetensi.

Sementara itu, Penanggung jawab UKOM UNITRI, Wahyu Dini Metrikayanto, S.Kep., Ns., M.Kep menyampaikan, Adapun teknis kegiatan UKOM diselenggarakan pada tanggal 25-27 Juli 2020 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk peserta ada di Malang, sedangkan untuk diluar malang, peserta dari UNITRI mengikuti UKOM di Ambon, Lampung, Pontianak, Maumere & Kupang.

“Peserta yang ikut dari UNITRI ada yang berada di Malang dan kita pusatkan untuk ikut kegiatan di kampus UMM, sementara untuk yang diluar Malang tersebar di beberapa wilayah.” Ujarnya.

Selama persiapan UKOM, mahasiswa Ners UNITRI dibimbing dengan mengutamakan latihan atau try out selama lebih dari enam kali guna melihat bagaimana perkembangan keaktifan mahasiswa. Selain itu, prodi juga berusaha melihat nilai mahasiswa bersangkutan secara kognitif maupun attitude dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti proses try out.

“Materinya mulai dari awal sampai sekarang ada 8 departemen, salah satunya Departemen Keperawatan Medikal Bedah dimana nilainya yang paling tertinggi dari departemen yang lain, kemudian maternitas anak, keluarga jiwa, disusul dengan gawat darurat dan komunitas.” Tutupnya . (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*