ALAMI PENINGKATAN, LPPP UNITRI TERUS KEJAR JABATAN FUNGSIONAL DOSEN

Malang-Dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada jabatan fungsional Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang. Hal ini dijabarkan Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP) UNITRI, Dr Dian Noorvy Kh, ST., MT, Rabu (2/12). Ia mengungkap, dari total 225 dosen yang terdaftar pada PDPT, 209 dosen telah memiliki NIDN, 7 dosen NIDK dan 7 orang NUP. Total ada peningkatan 89% dosen telah mendapatkan jabatan fungsional dari dua tahun sebelumnya.

“Dua tahun kemarin, LLDIKTI mengevaluasi terkait jabatan fungsional di UNITRI tahun ini yakni 50% dosennya masih berstatus pengajar dan belum memiliki jabatan fungsional. Kita berusaha memacu itu dan alhamdulillah terdata ada sekitar 106 dosen sudah memiliki jabatan fungsional Asisten Ahli atau AA hingga tanggal 30 November dan mengatasi hampir 89% dari TP 2 tahun lalu.”

Selain itu, imbas dari peningkatan ini ialah karir dosen UNITRI juga turut mengalami perubahan mulai dari NIDN berlanjut ke jabatan fungsional, inpassing, Serdos, Studi lanjut, Guru besar, hingga Lektor Kepala. Dari angka yang di minta dalam Borang APS 4.0 yang mengharuskan serdos Universitas berada pada point 60%, UNITRI telah mencapai angka 67%.

“Tahun 2020 dosen yang bersertifikat mencapai 110 dosen dan potensi tahun 2021 ada 29 dosen sehingga tahun 2021 UNITRI akan mempunyai 67%.”

Seperti disampaikan, LPPP telah berupaya meningkatkan karir dosen dengan melakukan sebaran Jafa pada program studi masing-masing. Tercatat, jabatan fungsional di masing-masing program studi rata-rata sudah mencapai 73%, sehingga itu menjadi tolak ukur bahwa UNITRI sudah berkembang secara jabatan fungsional.

“Jadi sebaran rata-rata dosen yang sudah berjabatan fungsional di setiap prodi itu adalah sudah sangat baik. Nah, sekarang PR-nya kita yakni mulai menata kembali untuk naik jabatan fungsional.”

Pelaksanaan Serdos tahun 2020 seharusnya dilaksanakan bersamaan dengan pencairan dana tahun depan pada bulan Februari. Meski demikian, Kamis (3/12) ini diadakan pemberkasan untuk Serdos kinerja Semester Genap 2019/2020 sekaligus pengarahan penyelesaian laporan kinerja dosen dan tupoksi dosen dengan diikuti sebanyak 19 dosen yang lolos serdos.

“Pertemuan hari ini adalah untuk mengarahkan penyelesaian laporan kinerja dosen yang terakhir tanggal 20 Desember dan sekaligus arahan tupoksi dosen.” (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*